Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Ini Jenis-jenisnya

| 19 Feb 2023 20:20
Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Ini Jenis-jenisnya
Ilustrasi ibu hamil (Freepik/senivpetro)

ERA.id - Bagi semua ibu hamil, tentunya wajib untuk menjaga kondisi kesehatan serta janin yang ada di dalam kandungan. Salah satu cara menjaga kondisi kesehatan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan harian yang dikonsumsi sehari-hari. Terkait asupan makanan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, ada beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Walaupun ibu hamil selalu disarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran demi menjaga kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungannya, ibu hamil juga wajib berhati-hati ketika memilih sayuran yang akan dikonsumsi. Sebab, sayuran yang dijual di pasaran tidak selalu bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Di bawah ini merupakan enam jenis sayuran yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

Tauge mentah

Salah satu sayuran yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah tauge mentah. Hal ini dikarenakan benih jenis sayuran ini tumbuh di lingkungan yang lembap untuk mulai bertunas, dan kondisi tersebut sangat ideal untuk tempat pertumbuhan bakteri dalam tauge. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi tauge dalam kondisi mentah. Jika Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya pastikan dulu tauge sudah dicuci bersih dan diolah hingga masak.

Daun pepaya

Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya adalah daun pepaya. Menurut penelitian, sayuran jenis ini khususnya ekstrak daun pepaya mengandung zat aktif yang berpotensi menjadi racun bagi rahim dalam kandungan ibu hamil.

Jengkol

Sayuran yang terkenal dapat menimbulkan bau tidak sedap ini juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena ada kandungan berbahaya yang disebut asam jengkolat. Kandungan asam inilah yang selanjutnya dapat menyebabkan keracunan jika tertumpuk dalam organ ginjal. Jika terjadi penumpukan, maka akan membentuk kristal tajam dalam ginjal dan berisiko merobek dinding saluran kemih.

Olahan sayur pepaya muda

Ibu hamil juga wajib menghindari olahan sayur pepaya muda, terutama yang masih mentah. Hal ini dikarenakan pepaya mentah mempunyai kandungan getah yang cukup berbahaya dan berpotensi memicu kontraksi uterus sehingga mengakibatkan persalinan dini.

Pete

Sebenarnya sayuran jenis pete tidak sepenuhnya dilarang bagi ibu hamil. Namun, jika ibu hamil mengonsumsinya dalam kadar yang berlebihan justru akan sangat berisiko karena dapat mengakibatkan efek buruk pada ginjal yang diharuskan untuk bekerja lebih keras.

Pare

Sayuran yang dilarang untuk ibu hamil (Foto: Pixabay)

Saat masa kehamilan dijalani, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi pare karena dapat mengakibatkan efek samping, misalnya diare, sakit kepala, sakit perut, dan kram. Selain itu, pare juga berisiko untuk dikonsumsi saat masa kehamilan atau saat ibu menyusui karena berpengaruh terhadap kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil.

Cara Mengolah Sayuran yang Tepat untuk Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar sayuran yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak berbahaya. Berikut tips dan cara mengolah sayuran yang benar:

  • Jangan mencuci sayuran dengan sabun atau sejenisnya.
  • Pastikan sayuran dicuci dengan air mengalir dan bersihkan sampai ke sela-sela agar tanah yang menempel benar-benar hanyut.
  • Sebelum mengolah sayuran yang akan dimasak, selalu pastikan tangan dalam kondisi bersih.
  • Sayuran dapat diolah dengan cara direbus atau ditumis sesuai selera dan pastikan memanfaatkan bumbu secukupnya agar terhindar dari risiko terjangkit penyakit.

Demikianlah ulasan mengenai jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Setelah memahami jenis-jenis sayuran yang dilarang dan juga cara mengolah sayuran yang benar, tentunya kesehatan ibu hamil akan lebih terjaga hingga tiba waktu persalinan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi