Tips Parkir Mobil Matic yang Benar Tanpa Menyebabkan Kerusakan

| 13 May 2023 22:06
Tips Parkir Mobil Matic yang Benar Tanpa Menyebabkan Kerusakan
Cara parkir mobil matic yang benar (unsplash)

ERA.id - Cara parkir mobil matic yang benar bisa menjadi hal yang menyulitkan bagi beberapa orang. Namun, sebenarnya parkir mobil matic tidak jauh berbeda dengan parkir mobil manual, asalkan Anda mengikuti beberapa langkah yang benar.

Sebagian besar orang akan mengalami hentakan pada mobil matic ketika melakukan parkir. Hal tersebut karena mereka tidak tahu cara memarkir mobil dengan transmisi otomatis dengan benar tanpa menyebabkan kerusakan.  Berikut adalah beberapa cara parkir mobil matic yang benar.

Cara Parkir Mobil Matic yang Benar

Parkir salah pada mobil matic dapat menyebabkan "bunyi berdecit" saat Anda keluar dari tempat parkir. Hal tersebut terjadi karena tuas parkir terlalu menekan dengan kuat. Berikut beberapa langkah untuk memarkir mobil dengan transmisi otomatis

●        Langkah 1.: Berhenti total

●        Langkah 2.: Tarik rem tangan sambil menahan pedal rem

●        Langkah 3: Pindah ke posisi parkir

●        Langkah 4 .: Matikan mesin dan pergi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, membuat seluruh bobot mobil tidak ditopang oleh transmisi otomatis Anda. Dikarenakan rem parkir akan melakukan semua pekerjaan berat (sebagaimana mestinya) sementara “pawl parkir” (gigi parkir di persneling mobil matic) hanya bertindak sebagai mekanisme cadangan.

pawl parkir hanya bertindak sebagai mekanisme cadangan (unsplash)

Pawl parkir tidak dirancang untuk mengambil alih tugas rem parkir, namun sebagian besar orang menggunakannya dengan cara seperti itu.

Nah, hal penting yang perlu Anda lakukan saat memarkir mobil otomatis adalah mengubah kebiasaan Anda dalam memarkir.

PENTING untuk menarik rem tangan sebelum Anda berpindah ke tuas Park (P). Akhir kata, hanya itu yang perlu dilakukan. Dengan melakukan hal ini, Anda telah melindungi transmisi Anda dari kerusakan dalam jangka panjang.

Selain cara parkir mobil matic yang benar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi