Beberapa Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju dengan Bahan yang Mudah Didapat

| 20 May 2023 20:30
Beberapa Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju dengan Bahan yang Mudah Didapat
Ilustrasi mencuci pakaian (pexels)

ERA.id - Noda karat yang menempel pada baju tidak mudah untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan noda karat di baju yang tepat.

Memang, Anda butuh waktu dan kesabaran untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus. Akan tetapi, itu perlu dicoba agar pakaian bisa kembali bersih dari noda karat.

Noda karat tidak hanya disebabkan oleh karat dari besi. Dikutip Era.id dari Thespruce, karamel dan benzoil peroksida (obat jerawat) juga dapat menyebabkan noda yang terlihat seperti terkena karat. Berikut adalah beberapa contoh bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat pada baju.

Beberapa Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju

·         Lemon

Lemon segar punya sifat asam yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat pada baju. Cara yang perlu dilakukan juga tidak susah.

 Ilustrasi buah lemon (pexels)

Anda cukup menyiapkan buah meoh, kemudian memotongnya sesuai ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu, gosokkan irisan lemon tersebut pada noda yang ada di baju.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan sejumput garam ke irisan lemon sebelum digunakan untuk menggosok noda. Ketika membersihkan noda karat pada baju putih, lakukan penjemuran baju selama kurang lebih 1 jam setelah digosok dengan lemon.

·         Garam Dapur

Telah disinggun sedikit sebelumnya bahwa garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat pada baju. Hal yang harus dilakukan juga tidak susah. Anda cukup merendam baju yang telah dicuci di dalam air yang dicampur sedikit garam. Biarkan selama 20 sampai 30 detik. Perlu diingat, jangan rendam baju di air garam terlalu lama.

·         Baking soda

Soda kue atau baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat pada baju. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.    Siapkan air biasa setengah ember.

2.    Masukkan satu sendok soda kue, kemudian masukkan baju yang ingin dibersihkan.

3.    Diamkan selama kurang 20—25 menit.

4.    Setelah itu, cuci baju tersebut dengan cara biasa menggunakan deterjen ringan.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda karat di baju yang bisa Anda coba. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah dan efektif.  

Rekomendasi