Cara Menghilangkan Noda Kuning Kunyit pada Pakaian

| 17 Aug 2024 08:01
Cara Menghilangkan Noda Kuning Kunyit pada Pakaian
Cara menghilangkan noda kuning kunyit. (Pixabay)

ERA.id - Ketika Anda mengonsumsi makanan yang berisi rempah kunyit, contohnya seperti kari, gulai, atau opor terkadang harus lebih berhati-hati agar kuahnya tidak jatuh atau menyiram pakaian, apalagi jika pakaian Anda berwarna putih. Tentunya akan membuat mood Anda berantakan jika terdapat noda kunyit pada pakaian. Oleh sebab itulah, Anda harus memahami cara menghilangkan noda kuning kunyit.

Jika pakaian sudah terkena noda kunyit akan semakin sulit hilang jika tidak segera Anda bersihkan. Menurut Ben Gold, Founder dari Home Buyers, hal yang paling penting ketika pakaian Anda terkena noda kunyit adalah segera membersihkan noda kunyit secepat mungkin.

"Untuk pakaian, penting untuk segera membersihkan noda secepat mungkin. Rendam bagian yang kotor pada air dingin selama beberapa jam sebelum memberikan campuran cuka dan air. Diamkan selama 15-20 menit sebelum pakaian dicuci seperti biasanya," jelasnya, mengutip Homes & Gardens.

Ilustrasi. (Pixabay)

Cara Menghilangkan Noda Kuning Kunyit

Tentunya ada beberapa cara untuk menghilangkan noda kunyit pada pakaian. Dilansir dari Better Homes and Gardens, di bawah ini adalah beberapa cara membersihkan noda kunyit pada pakaian.

Bersihkan kelebihan cairan noda kunyit pada pakaian

Langkah pertama adalah hilangkan kelebihan cairan yang mengandung kunyit dari pakaian. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan sendok atau sentuh noda kunyit dengan lap basah. Jangan gosok noda sebab dapat membuat noda semakin lebar dan semakin menyatu pada pakaian.

Bersihkan noda sebelum baju dicuci

Sebelum mencuci pakaian, Anda bisa membersihkan noda terlebih dahulu dengan cara mengucek atau menggosok baju dengan hand sanitizer karena mengandung alkohol untuk mempermudah menghilangkan noda. Anda juga dapat menggunakan cairan deterjen untuk membersihkannya.

Caranya adalah dengan menuangkan alkohol atau deterjen ke noda kunyit kemudian gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi atau lap basah. Selanjutnya, Anda bisa rendam pakaian selama 10 menit.

Jika terdapat noda kunyit pada pakaian putih, Anda dapat mencampurkan baking soda dengan air hingga berbentuk pasta, kemudian letakkan pasta tersebut di atas noda. Selanjutnya, gosok pakaian tersebut dengan sikat gigi atau lap basah.

Melenyapkan noda kunyit dengan cuka atau lemon

Cuka atau lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kunyit. Caranya adalah dengan mencampurkan bahan tersebut dalam air. Selanjutnya gunakan untuk membersihkan noda kunyit. Biarkan noda terserap dalam larutan pembersih. Kemudian, bersihkan dengan kain bersih atau sikat wol.

Cuci Pakaian

Selanjutnya, Anda dapat mencuci pakaian dengan mesin cuci. Ketika mencuci, gunakan air dingin. Anda dapat memilih deterjen yang direkomendasikan dan efektif melenyapkan noda. Cukup teteskan detergen cair pada area yang bernoda dan diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, gosok permukaan bernoda dengan spon. Kemudian, bersihkan sisa detergen dengan kain bersih.

Keringkan Pakaian

Setelah dicuci, Anda dapat mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari.

Demikianlah cara menghilangkan noda kuning kunyit pada pakaian putih. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi