Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Mudah dan Murah

| 27 Jun 2024 21:03
Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Mudah dan Murah
Cara menghilangkan noda oli di baju (freepik)

ERA.id - Noda oli memang menyebalkan, apalagi ketika menempel di baju kesayangan. Tapi jangan khawatir, karena terdapat cara menghilangkan noda oli di baju.

Artikel ini akan mengupas tuntas cara-cara ampuh untuk menghilangkan noda oli di pakaian Anda dengan mudah.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Dilansir dari laman The Spruce, berikut ini beberapa tips praktis menghilangkan noda oli yang menempel di baju Anda.

  1. Menghilangkan Minyak Berlebih

Noda minyak pada bahan sintetis lebih sulit dihilangkan dibandingkan kain alami seperti katun. Untungnya, sabun cuci piring yang memotong lemak, baking soda, dan cuka yang digosok dengan sikat gigi lembut biasanya berhasil.

Perlu diketahui, jangan pernah menempatkan pakaian yang bernoda minyak ke dalam pengering karena panas tinggi akan mengikat minyak ke serat.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus sisa minyak padat dari kain dengan pisau tumpul atau sendok. Bersihkan noda minyak cair dengan handuk kertas. Cara ini membuat area yang bernoda lebih mudah untuk dirawat dan mencegah minyak meresap ke lebih banyak bahan.

  1. Baking Soda dan Cuka

Gunakan baking soda untuk menarik lebih banyak minyak dari kain setelah menyelesaikan sebelumnya. Baking soda adalah bahan kering yang menarik minyak dan lemak dari serat.

Tambahkan sejumlah baking soda yang banyak untuk melapisi noda. Hapus lapisan baking soda yang lembab karena minyak atau lemak menggunakan pisau plastik tumpul atau tepi kartu debit.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara menghilangkan noda kuning di baju putih

Gunakan baking soda untuk menarik lebih banyak minyak dari kain (freepik)

Kemudian oleskan lapisan lain di atasnya sampai baking soda tidak lagi menarik minyak. Biarkan baking soda yang kering pada noda semalaman jika nodanya besar. Biarkan baking soda pada noda selama 30 menit hingga satu jam jika nodanya kecil.

Lalu gunakan tangan atau sikat gigi untuk menghapus baking soda dari noda. Tuang satu tutup penuh cuka putih langsung ke noda untuk memecahnya lebih lanjut. Gunakan sikat gigi lembut untuk menyikat cuka. Kemudian lanjut ke langkah berikutnya setelah sebagian besar noda hilang.

  1. Gunakan Deterjen

Jika sebagian noda masih terlihat, oleskan deterjen cucian yang kuat pada area yang bernoda. Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring cair untuk menghilangkan lemak dari noda yang lebih sulit. Rendam noda hingga kedua sisi kain basah.

  1. Biarkan Cairan Menyerap

Biarkan cairan meresap setidaknya tiga hingga lima menit tetapi tidak lebih dari 10 menit. Jangan membiarkan area tersebut menjadi kering. Perlu diketahui, saat larutan meresap ke dalam kain, minyak akan terurai.

  1. Cuci Sesuai Petunjuk

Periksa label perawatan pakaian untuk menentukan suhu air yang disarankan untuk mencuci pakaian setelah noda dihilangkan. Kemudian cuci dengan air panas.

  1. Periksa Area yang Bernoda

Pastikan noda hilang sebelum mengeringkan pakaian dengan mesin. Pastikan juga  tidak ada tanda atau cincin gelap. Ulangi langkah-langkah sebelumnya jika ada jejak noda yang tersisa.

Biarkan pakaian mengering di udara. Ketika noda sudah hilang, Anda dapat mencuci dan mengeringkan pakaian seperti biasa.

Selain cara menghilangkan noda oli di baju, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi