Berbagai Perlengkapan Haji yang Perlu Dibawa, Baik yang Harus maupun Opsional

| 22 May 2023 23:03
Berbagai Perlengkapan Haji yang Perlu Dibawa, Baik yang Harus maupun Opsional
Orang memakai pakaian ihram (situs resmi BPKH)

ERA.id - Saat melaksanakan ibadah haji, Anda perlu membawa beberapa hal agar tidak kebingungan dan ibadah juga tidak terganggu. Perlengkapan haji yang perlu dibawa ada yang berkaitan dengan ibadah, ada pula yang tidak. Untuk lengkapnya, simak penjelasan dari Era.id berikut ini.

Berbagai Perlengkapan Haji yang Perlu Dibawa

·         Pria

1. Pakaian ihram

Anda harus membawa pakaian yang nantinya digunakan untuk ihram sebanyak 1 atau 2 pasang. Pakaian ihram berupa dua lembar kain tanpa jahitan. Untuk melengkapi pakaian tersebut, Anda juga butuh ikat pinggang untuk mengikat kain ihram. Anda juga sebaiknya membawa sandal yang digunakan saat ihram.

2. Pakaian ganti dan sarung

Anda juga perlu membawa pakaian untuk digunakan selama beberapa hari di Arab Saudi. Anda bisa memperkirakan berapa jumlah pakaian yang dibutuhkan. Sebaiknya Anda tidak membawa pakaian terlalu banyak. Sarung juga bisa dibawa untuk berbagai keperluan.

·         Perempuan

1. Pakaian ihram

Perempuan juga harus membawa pakaian untuk ihram. Bentuk dari pakaian ihram perempuan berupa jilbab/mukena putih dan rok putih. Sandal juga perlu Anda bawa.

2. Kaus kaki dan kerudung

Sebagai seorang perempuan, ada lebih banyak aurat yang harus ditutup. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan beberapa kerudung dan kaus kaki untuk menutupi aurat Anda.

3. Pakaian ganti

Tak berbeda dengan pria, perempuan juga perlu membawa beberapa pakaian ganti untuk digunakan selama beberapa hari menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Anda sebaiknya tidak membawa terlalu banyak pakaian dan tidak perlu yang mewah-mewah.

Perlengkapan Tambahan

Berikut ini beberapa perlengkapan tambahan yang bisa Anda beli di Arab Saudi, tetapi sebaiknya dibawa sendiri agar tidak repot saat berada di sana.

1. Perlengkapan mandi

 Ilustrasi perlengkapan mandi (pexels)

Anda perlu membawa perlengkapan mandi dari rumah. Dengan demikian, Anda tidak repot harus membeli ke sana kemari saat butuh segera mandi.

2. Jaket dan selimut

Dalam kondisi tertentu, Arab Saudi memiliki suhu yang sangat dingin saat malam hari. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membawa jaket dan selimut agar tetap hangat.

3. Skincare

Anda bisa membawa skincare tertentu yang memang dibutuhkan agar kulit Anda tidak rusak karena kondisi iklim yang berbeda dengan Indonesia. Beberapa contoh skincare yang dimaksud adalah sunscreen dan pelembab. 

Rekomendasi