Berikut Langkah-Langkah Membersihkan Mesin Cuci Kotor yang Perlu Diketahui

| 15 Jun 2023 16:20
Berikut Langkah-Langkah Membersihkan Mesin Cuci Kotor yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Mesin cuci. (Antara)

ERA.id - Mesin cuci memang digunakan untuk membersihkan pakaian. Namun, sisa deterjen bisa saja menempel di bagian dalam mesin cuci. Bila dibiarkan begitu saja, kotoran akan menumpuk di dalamnya dan berpindah ke pakaian yang dicuci.

Untuk itulah, mesin cuci juga perlu dibersihkan. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1.Tuangkan air panas dan 1/2 liter cairan pembersih

Pertama-tama, isi mesin dengan air panas. Lalu, tuangkan ½ liter cairan pembersih melalui dispenser supaya bisa bercampur dengan air panas. 

2. Putar dengan mode rinse and spin

Bila sudah, putar mode rinse and spin atau fitur pembersihan mandiri. Namun, kalau mesin cuci tidak ada fitur ini, kamu bisa menyalakan mesin cuci dengan mode low selama 5 menit.

3. Lepaskan dispenser detergen dan rendam di air hangat

Tahapan berikutnya adalah lepaskan dispenser detergen dan lapisan karet yang menempel pada penutup mesin. Biasanya, area ini rentan berjamur karena air dapat terperangkap di lapisan tersebut. Kamu bisa merendamnya di dalam campuran air hangat dan pembersih serbaguna.

4. Lap dengan kain bersih

Terakhir, lap sisa cairan pembersih di dalam mesin dengan kain kering. Begitu pula dengan dispenser detergen dan karet yang direndam. Jadinya, mesin dan komponen lainnya benar-bener bersih dari sabun.

Itu dia cara membersihkan mesin cuci. Tidak sulit, bukan? Nah, kamu bisa membeli berbagai model mesin cuci terbaik hanya di toko elektronik online resmi INFORMA melalui ruparupa. Di sini, kamu juga bisa belanja perabot dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Yuk, dapatkan berbagai penawaran menarik setiap belanja di sini.

Rekomendasi