5 Aroma Alami yang Tidak Disukai Tikus untuk Mengusirnya dari Rumah

| 02 Jul 2023 12:05
5 Aroma Alami yang Tidak Disukai Tikus untuk Mengusirnya dari Rumah
Ilustrasi tikus (pexels)

ERA.id - Tikus bisa menjadi hama yang sangat mengganggu di rumah. Berbagai jenis bahan makanan bisa dicuri oleh mereka. Selain itu, tikus juga bisa membawa beberapa jenis penyakit berbahaya.

Untuk mengusirnya, salah satu cara yang paling sederhana adalah memelihara kucing di rumah. Cara yang lain, Anda bisa memanfaatkan aroma alami yang tidak disukai tikus. Tikus punya penciuman yang tajam sehingga pemberian aroma tertentu membuat mereka tidak mau mendekat. Untuk lebih lengkap, simak info dari Era.id berikut ini.

Berbagai Aroma Alami yang Tidak Disukai Tikus

1.    Kayu putih

Kayu putih mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh tikus. Anda tidak harus membeli kayu putih untuk mendapatkan aromanya. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih dijual di berbagai toko.

Semprotkan atau sebarkan larutan minyak kayu putih dengan kandungan 5 persen hingga 20 persen di sekitar rumah. Tikus akan menghindari aroma tersebut sehingga mencari makan di tempat yang lain.

2.    Serai

Serai atau citronella merupakan tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dan tikus. Aroma yang dihasilkan oleh serai tidak disukai oleh tikus sehingga membuat mereka enggan masuk ke dalam rumah jika Anda memanfaatkan minyak esensial atau membuat aroma serai bisa menyebar.

3.    Minyak pappermint

Aroma minyak peppermint terbilang ramah penciuman manusia. Minyak ini bisa membuat rumah menjadi harum sekaligus mencegah tikus memasukinya.

Minyak pappermint dengan konsentrasi tinggi mengganggu indra penciuman tikus yang sensitif. Akan tetapi, minyak ini cukup cepat menguap saat terkena udara. Jika aromanya telah hilang, tikus bisa jadi datang lagi.

4.    Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang sangat mudah ditemukan di dapur. Ternyata, bumbu ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh tikus.

Hal tersebut karena bawang putih mengandung allicin, yaitu molekul yang memberikan aroma khas bawang putih. Allicin cukup mirip dengan capcaisin dalam cabai yang menjadi mekanisme pertahanan tanaman untuk mencegah hewan memakannya.

Ilustrasi bawang putih (pexels)

Bawang bombay juga memiliki aroma yang kuat dan khas. Aroma tersebut berasal dari senyawa yang mengandung belerang. Mirip dengan allicin, senyawa tersebut mengeluarkan aroma kuat yang busa membuat tikus tidak mau mendekat.

Anda bisa memanfaatkan kedua bahan tersebut sebagai semprotan anti-tikus. Berikut ini adalah cara membuatnya.

·         Rebus empat gelas air.

·         Masukkan satu bawang bombay cincang dan 2—4 siung bawang putih.

·         Kecilkan api kemudian biarkan mendidih selama 5 menit.

·         Matikan api kemudian diamkan hingga dingin.

·         Saring air tersebut dan masukkan ke dalam alat penyemprot, kalau bisa dari botol kaca.

5.    Bubuk kopi

Jika Anda terbiasa minum kopi tubruk, ampas kopinya bisa bermanfaat lagi. Bubuk kopi, apalagi yang telah diseduh dengan air panas, punya rasa pahit dan aroma yang kuat. Aroma ini bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Cara yang perlu dilakukan cukup simpel. Anda hanya perlu memasukkan ampas kopi ke kantong plastik atau wadah terbuka. Setelah itu, letakkan wadah tersebut di jalur yang biasanya dilewati tikus.

Jika Anda ingin mengusir tikus dari kebun atau taman, buang saja ampas kopi di kebun tersebut. Selain punya aroma alami yang tidak disukai tikus, bubuk kopi punya manfaat lain sebagai pupuk. 

Rekomendasi