6 Bau yang Tidak Disukai Kucing untuk Mencegahnya Masuk ke Rumah

| 16 Jun 2023 16:03
6 Bau yang Tidak Disukai Kucing untuk Mencegahnya Masuk ke Rumah
Ilustrasi kucing terkejut (pexels)

ERA.id - Kucing merupakan binatang menggemaskan, tetapi tidak semua orang suka. Ada pula yang sengaja menghindarinya, bisa karena alergi, fobia, ataupun alasan lain. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka atau menghindari kucing, sebaiknya langkah yang dilakukan untuk menjauhkan kucing bukanlah kekerasan.

Daripada mengguyur, memukul, atau melemparkan benda untuk mengusir, Anda bisa memanfaatkan beberapa benda dengan bau yang tidak disukai kucing. Tanpa kekerasan, kucing akan menjauh karena menghindari bau tersebut.

Indera penciuman kucing sangat baik karena terdapat 200 hingga 300 juta reseptor bau dalam saluran pernapasannya. Kemampuan membau yang baik membantu kucing untuk menemukan makanan, menemukan musuh, berkomunikasi, dan mendeteksi wilayah. Akan tetapi, hal tersebut membuat kucing sensitif terhadap aroma yang tajam.

Berbagai Bau yang Tidak Disukai Kucing

1.    Tanaman berbau menyengat

Beberapa jenis tanaman mengeluarkan aroma yang dibenci, bahkan beracun bagi kucing dan serangga, seperti eucalyptus, lavender, dan rosemary. Anda bisa menanam tanaman-tanaman tersebut di sekitar rumah agar kucing tidak berani masuk.

Anda juga bisa menempatkan tanaman-tanaman tersebut di dalam rumah menggunakan pot. Meski demikian, Anda sebaiknya menghindari penggunaan minyak atsiri beraroma tanaman-tanaman ini sebab bisa menjadi racun jika tertelan kucing.

2.    Cuka putih

Menolak kucing dan serangga juga bisa dilakukan dengan cuka putih. Aroma cuka putih berbeda dengan cuka apel, dan ini aroma ini tidak disukai kucing. Bau menyengat dari cuka putih dapat mengganggu indera penciuman kucing dan menutupi aroma makanan yang ada di sekitarnya.

Cara menggunakan cuka putih untuk mencegah kucing adalah mencapurkan cuka dengan air. Setelah itu, semprotkan campuran tersebut di area yang kemungkinan digunakan kucing untuk masuk ke rumah.

3.    Lemon

Kucing dan lemon (pexels)

Dikutip Era.id dari Express UK, kucing membenci aroma menyengat dari beberapa buah, seperti jeruk biasa, jeruk nipis, lemon, dan grapefruit. Anda bisa mencegah kucing masuk ke rumah dengan menyemprotkan jus atau minyak esensial beraroma lemon di area yang kemungkinan digunakan kucing untuk masuk ke rumah.

Cara yang lain adalah meletakkan kulit jeruk di halaman rumah. Meski demikian, perlu diketahui bahwa jeruk cukup beracun bagi kucing sehingga pastikan kucing tidak memakan atau meminumnya.

4.    Bumbu dapur

Dilansir Pet Keen, ada beberapa bumbu dapur beraroma menyengat yang tidak disukai kucing, seperti paprika, lada, dan bubuk cabai. Cara menggunakan bumbu dapur untuk mencegah kucing masuk ke rumah adalah menebarkannya di area yang akan digunakan kucing untuk masuk ke rumah. Perlu diingat, beberapa bumbu dapur tersebut bisa menyebabkan sensasi terbakar sehingga penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan, baik bagi manusia maupun kucing.

5.    Kapur barus

Kapur barus juga memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh kucing. Akan tetapi, aroma ini beracun bagi kucing jika dihirup terlalu sering. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan zat kimia di dalam kapur barus, seperti naphthalene, paradichlorobenzene, atau transfluthrin.

6.    Kopi

Bubuk kopi mengandung kafein dan teobromin yang dapat mengeluarkan aroma menyengat sekaligus beracun bagi kucing. Cara menggunakan kopi untuk mengusir kucing adalah menyeduh kopi, kemudian tebarkan ampas kopi tersebut di halaman rumah. Selain mengusir kucing, ampas kopi juga bisa menjadi pupuk kompos bagi tanah. 

Rekomendasi