Tips Mencuci Daging Sapi agar Empuk dan Nggak Amis, Lakukan Cara Ini

| 30 Jun 2023 07:20
Tips Mencuci Daging Sapi agar Empuk dan Nggak Amis, Lakukan Cara Ini
Daging sapi (Freepik)

ERA.id - Idul Adha bisa diibaratkan sebagai momen perbaikan gizi atau hari raya makan besar. Orang-orang akan disibukkan memasak daging kurban sapi dan kambing untuk santapan selama beberapa hari. Sebelum daging diolah, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Lantas seperti apa tips mencuci daging sapi?

Daging sapi yang didapat dari jatah kurban perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Tentunya setiap orang bisa masak daging sapi yang empuk dan tidak bau amis. Ada beberapa tips mencuci daging sapi supaya empuk dan teksturnya tetap terjaga. 

Tips Membersihkan Daging Sapi sebelum Dimasak

Cara membersihkan daging sapi berbeda dengan daging ayam. Banyak yang salah kaprah menganggap bahwa membersihkan daging sapi dengan cara mencucinya. Padahal justru tidak disarankan untuk mencuci daging sapi dengan air mengalir. 

Daging sapi (Freepik)

Berikut sejumlah tips membersihkan daging sapi mentah sebelum dimasak:

Tidak Perlu Dicuci dengan Air Mengalir

Daging sapi tidak perlu dicuci menggunakan air mengalir. Membilas daging sapi dengan air justru bisa memperburuk kondisi dagingnya. Apabila terkena air, daging sapi justru bisa menjadi berkerut. 

Selain itu, mencuci atau membilas daging sapi juga bisa meningkatkan resiko cross-contamination di dapur tempat memasaknya. Cross-contamination adalah kontaminasi silang ketika bakteri dari daging mentang terpapar ke permukaan yang bersentuhan langsung dengan daging tersebut. 

Membungkus dan Meremas dengan Daun Pepaya

Cara membuat daging sapi menjadi lebih empuk sangatlah mudah. Anda bisa membungkus atau meremas daging menggunakan daun pepaya. Masukkan daging sapi di wadah cekung yang sudah dilapisi dengan daun pepaya. 

Kemudian remas atau lumuri seluruh daging dengan daun pepaya. Diamkan daging tersebut sekitar 1 jam. Setelah itu, Anda baru bisa mencucinya dengan air bersih untuk segera dimasak. 

Lap Bagian Daging yang Kotor dengan Lap Bersih

Jika ada bagian daging yang kotor, Anda bisa membersihkannya memakai lap atau tisu. Pastikan lap yang Anda gunakan kondisinya bersih. Lap kotor dan darah yang tersisa di permukaan daging hingga bersih. 

Direbus dengan Air Mendidih

Sebelum daging sapi dimasak, Anda perlu merebusnya terlebih dahulu. Siapkan panci berisi air dan panaskan hingga mendidih. Masukkan daging ke dalam panci dan rebus selama 5 menit dengan api sedikit besar. 

Setelah air rebusan berwarna keruh, Anda bisa membuang airnya dan memindahkan daging ke wadah yang bersih. Diamkan terlebih dahulu daging tersebut selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak. 

Membaluri dengan Nanas

Cara lain untuk membuat daging sapi jadi empuk yakni memakai buah nanas. Parut buah nanas, kemudian balurkan ke daging secara merata. Diamkan daging berlumur nanas tersebut selama sekitar 30 menit. Setelah itu daging bisa dipotong dan siap untuk dimasak. 

Cara Menyimpan Daging Sapi Mentah

Banyaknya daging sapi yang Anda miliki mungkin tidak akan Anda masak dalam satu waktu. Anda bisa menyimpan daging mentah tersebut untuk menjadi bahan masakan di kemudian hari. Letakkan daging sapi ke dalam freezer agar lebih awet. 

Anda perlu menaruh daging sapi di wadah bersih dan kedap udara. Jangan langsung menyimpan daging di dalam kulkas atau freezer tanpa wadah karena bisa menimbulkan aroma tidak sedap. Daging yang tersimpan dengan baik di dalam freezer bisa awet selama enam bulan. 

Demikianlah tips mencuci daging sapi mentah dan cara menyimpannya. Ternyata daging sapi sebaiknya tidak dibersihkan dengan cara dicuci pakai air. Untuk membersihkan dagng sapi, Anda hanya perlu merebusnya dan mengelap bagian yang kotor memakai lap bersih. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi