Apa yang Harus Dilakukan saat Turbulensi Pesawat? Ikuti Tips Berikut Ini

| 12 Jul 2023 16:04
Apa yang Harus Dilakukan saat Turbulensi Pesawat? Ikuti Tips Berikut Ini
Ilustrasi pesawat alami turbulensi (pexels)

ERA.id - Salah satu yang membuat penumpang pesawat merasa khawatir saat terbang adalah turbulensi. Meski demikian, penumpang tidak boleh panik. Yang penting penumpang tahu apa yang harus dilakukan saat turbulensi.

Secara umum, turbulensi pesawat merupakan kondisi ketika terjadi perubahan tekanan dan kecepatan aliran udara secara drastis. Hal tersebut menyebabkan badan pesawat mengalami guncangan.

Perlu diketehaui bahwa turbulensi pesawat adalah hal yang biasa terjadi dan tidak berbahaya. Pesawat sudah dirancang agar mampu bertahan menghadapi turbulensi. Selain itu, pilot bisa memprediksi kapan terjadinya turbulensi dengan radar cuaca.

Cuaca buruk dan awan adalah hal yang paling umum menyebabkan turbulensi. Ada pula clear air turbulence (CAT), yaitu turbulensi yang terjadi saat udara cerah. Untuk lebih paham soal turbulensi, simak penjelasan dari Era.id berikut ini.

Ilustrasi kabin pesawat (pexels)

Apa yang Harus Dilakukan saat Turbulensi?

1. Tetap pakai sabuk pengaman

Sabuk pengaman harus terpasangan dengan baik saat pesawat mengalami turbulensi. Jika perlu, Anda bisa mengencangkan sabuk pengaman sehingga Anda tetap terikat dengan kursi selama turbulensi terjadi.

2. Tenang

Pada dasarnya, turbulensi adalah hal yang wajar terjadi dalam penerbangan. Oleh sebab itu, berusahalah untuk tetap tenang saat guncangan terjadi. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap tenang adalah mengatur napas dan memejamkan mata.

3. Alihkan perhatian

Mengalihkan perhatian termasuk dalam tips untuk menenangkan diri. Anda bisa melakukan aktivitas tertentu yang aman dan bisa mengalihkan perhatian dari rasa khawatir, seperti menonton film, membaca buku, atau mendengarkan lagu. Anda juga bisa mengobrol dengan orang di sebelah Anda mengenai hal yang tidak berkaitan dengan penerbangan.

4. Sampaikan rasa cemas ke pramugari

Rasa cemas adalah hal yang wajar terjadi ketika pesawat mengalami turbulensi. Jika Anda sensitif terhadap guncangan, Anda bisa mengatakan hal tersebut kepada pramugari karena mungkin Anda bisa mendapatkan pertukaran tempat duduk. Beberapa area pesawat bisa lebih minim terdampak turbulensi.

Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan saat turbulensi, Anda tidak menimbulkan atau menambah kepanikan di dalam pesawat.

Rekomendasi