5 Tips Memilih Posisi Duduk di Bus agar Tidak Mual

| 13 Jul 2023 18:10
5 Tips Memilih Posisi Duduk di Bus agar Tidak Mual
Ilustrasi bagian dalam bus (pexels)

ERA.id - Bus menjadi moda transportasi massal yang paling umum digunakan masyarakat. Namun, tidak semua orang menikmati perjalanan dengan bus karena bisa menyebabkan mabuk darat. Untuk mengatasinya, tips memilih posisi duduk di bus perlu dipahami.

Obat anti-mabuk bisa mencegah mabuk darat. Untuk menunjang atau bahkan menggantikan obat, Anda bisa memilih posisi duduk yang tepat agar risiko mabuk darat semakin rendah. Untuk lebih jelas, simak informasi dari Era.id berikut ini.

Tips Memilih Posisi Duduk di Bus

Ada beberapa posisi duduk yang sebaiknya dihindari agar Anda tidak mudah mual saat melakukan perjalanan dengan bus. Bus memiliki ukuran yang besar dan panjang dengan pilihan area kursi yang beragam. Anda perlu memilih area yang tepat agar tidak mabuk darat.

1. Paling belakang

 Ilustrasi sudut pandang dari kursi paling belakang bus (pexels)

Ini adalah posisi yang paling umum diketahui masyarakat bisa memicu mual. Perlu diketahui bahwa salah satu pemicu utama mual saat berkendara adalah guncangan. Sementara, duduk di dekat area ban belakang berisiko mengalami goncangan hebat saat jalan tidak mulus.

2. Terlalu depan

Sebagian orang berpikir duduk di area paling depan sambil melihat jalan bisa menghindarkan diri dari mual. Padahal, posisi tersebut dekat dengan roda depan sehingga masih berisiko menyebabkan mual karena guncangan bisa lebih terasa. Selain itu, pandangan yang terlalu luas saat duduk di depan juga bisa memicu mabuk—bagi sebagian orang.

3. Tengah menghadap jendela (aman)

Area tengah adalah posisi paling aman agar tidak mudah mual saat di bus. Guncangan tidak terlalu terasa di bagian tengah. Kemudian, posisi yang menghadap atau dekat jendela juga bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Hal tersebut bisa menurunkan risiko mual saat naik bus.

4. Menunduk

Duduk dengan kepala tertunduk bisa memicu pusing dan mual. Jika Anda merasa lelah atau mengantuk, rebahkan kepala pada senderan kursi. Jika Anda ingin membaca buku atau melihat ponsel, usahakan agar posisi kepala tidak terlalu menunduk.

5. Dekat toilet

Sebagian bus didesain memiliki toilet atau bahkan ruangan merokok. Pilih tempat duduk yang jauh dari kedua ruangan tersebut karena aroma dari toilet dan ruangan merokok bisa memicu rasa mual saat di bus. Salah satu cara untuk mengatasi mual karena aroma pemicu mual adalah menggunakan minyak aroma terapi atau minyak kayu putih. 

Rekomendasi