7 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

| 06 Apr 2024 20:30
7 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran
Ilustrasi mabuk perjalanan ( Freepik/ivankyryk)

ERA.idMudik adalah tradisi tahunan yang dinantikan umat Muslim di Indonesia. Demi pulang kampung, banyak pemudik yang menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan. Akan tetapi, kamu bisa mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness.

Bagi kamu yang mau mudik, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan tetap lancar. Berikut 7 tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik Lebaran supaya nyaman serta aman, seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Pilih tempat duduk yang tepat

Saat bepergian dengan mobil, duduklah di kursi depan dan lihatlah pemandangan. Di pesawat terbang atau kereta api, pilihlah tempat duduk di dekat jendela. Mampu melihat objek atau pemandangan dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

2. Fokus titik jauh

Hindari membaca, melihat layar, atau menatap benda di sekitar. Sebaliknya, fokuslah pada titik yang jauh, seperti perjalanan atau pemandangan tertentu. 

3. Nikmati udara segar

Buka jendela atau ventilasi untuk membiarkan udara segar masuk. Hindari bau yang menyengat, karena dapat memperparah rasa mual.

4. Minum jahe

Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi mual. Mengonsumsi teh jahe, permen jahe, atau kapsul jahe sebelum mudik membantu menenangkan perut.

5. Praktikkan teknik relaksasi

Pernapasan dalam, meditasi, atau mendengarkan musik yang menenangkan bisa membantu mengalihkan pikiran serta mengurangi kecemasan yang terkait dengan mabuk perjalanan.

6. Tetap tenang

Hindari kepanasan, karena dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Gunakan AC untuk menjaga suhu nyaman.

7. Batasi alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Hindari mengonsumsi minuman ini sebelum atau selama perjalanan.

Rekomendasi