Jenis Tanaman Pengusir Ular yang Bisa Anda Tanam di Halaman Rumah

| 22 Jul 2023 07:05
Jenis Tanaman Pengusir Ular yang Bisa Anda Tanam di Halaman Rumah
Ilustrasi ular (Wikimedia Commons/RafaelMenegucci)

ERA.id - Salah satu hewan reptil yang membahayakan adalah ular. Beberapa jenis di antaranya bahkan dapat mematikan karena mampu menyemburkan bisa beracun. Jika rumah Anda memiliki kebun rimbun, ada kemungkinan ular akan bersarang di sana. Jika mereka sampai berkembang biak, tentunya hal tersebut akan sangat berisiko dan mengganggu kenyamanan keluarga.

Selain bisa mengganggu keselamatan, ular juga dapat merusak tanaman hias koleksi Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus segera melakukan sesuatu untuk mengusir hewan melata ini.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kedatangan ular dari rumah dan kebun. Misalnya dengan menanam tanaman yang paling dibenci ular.

Tanaman pengusir ular

Daripada mengusir atau mencegah ular dengan penggunaan bahan kimia, tentunya lebih baik melakukannya dengan menanam tanaman yang paling mereka benci. Dikutip dari laman Balcony Garden Web, di bawah ini adalah beberapa jenis tanaman pengusir ular.

Bawang

Bawang Merah (Sharma/Unsplash)

Bawang merah dan bawang putih ternyata menempati urutan teratas sebagai tanaman pengusir ular. Jenis umbi-umbian ini mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh banyak hewan. Aroma bawang merah dan bawang putih mempunyai efek disorientasi yang serupa seperti semprotan merica.

Serai

Serai (Pixabay)

Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Namun, ternyata tanaman serai memiliki manfaat lain, yaitu mencegah kedatangan ular.

Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok tanaman jeruk dan mempunyai aroma kuat. Oleh sebab itu, ular tidak akan suka dan menjauhi tanaman ini.

Marigold

Bunga Marigold (Pixabay)

Tanaman hias bunga marigold termasuk salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk menangani masalah hama di kebun. Tanaman marigold juga mengandung aroma yang dapat mengusir hama di kebun, termasuk ular.

Bunga marigold memiliki warna cerah dan menarik. Jika menanam marigold di kebun, rumah Anda tentunya akan bebas ular dan tampilannya jadi bertambah cantik.

Lidah mertua

Ilustrasi tanaman lidah mertua (Unsplash/Severin Candrian)

Lidah mertua atau sansevieria dimasukkan ke dalam daftar tanaman pengusir ular. Apa keistimewaan dari tanaman ini? Salah satu alasannya adalah karena bentuk daunnya yang tajam sehingga dianggap sebagai tanaman yang menakutkan dan dijauhi oleh ular.

Tanaman lidah mertua dapat Anda tanam di luar ataupun di dalam ruangan. Jika Anda ingin menanamnya di luar, pastikan suhunya hangat dan posisikan di tempat yang terkena sinar matahari.

Jeruk purut

Jeruk purut dikenal juga dengan nama makrut lime. Jeruk ini biasanya digunakan sebagai salah satu bahan masakan di Asia. Walaupun demikian, aroma menyengat jeruk purut ternyata juga tidak disukai oleh ular.

Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang memiliki drainase baik dan lembap. Jika Anda hendak menanamnya, pastikan Anda menempatkan jeruk purut di tempat yang terkena sinar matahari penuh.

Raja pahit

Memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata, tanaman ini mempunyai akar yang pahit sehingga sangat dibenci oleh ular.

Jika Anda menanam tanaman ini di rumah, bunga putihnya yang indah merupakan nilai tambah. Selain bermanfaat untuk mengusir ular, tanaman ini juga diyakini dapat membantu pencernaan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kaktus

Ular juga akan menghindari tanaman yang memiliki duri-duri tajam. Dalam hal ini, tanaman kaktus adalah rajanya.

Ada banyak spesies kaktus yang dapat Anda jadikan tanaman pengusir ular. Namun, ular paling membenci spesies opuntia yang besar. Pastikan juga Anda meletakkan kaktus di bawah sinar matahari langsung.

Demikianlah ulasan mengenai tanaman pengusir ular yang bisa Anda tanam di halaman rumah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi