5 Cara Merawat Jok Kulit Mobil agar Awet dan Bersih

| 30 Jul 2023 20:25
5 Cara Merawat Jok Kulit Mobil agar Awet dan Bersih
Ilustrasi cara merawat jok kulit mobil (pexels)

ERA.id - Ada beberapa jenis sarung jok mobil yang bisa dipilih oleh pemilik kendaraan, salah satunya jok kulit. Agar jok mobil Anda awet dan tetap bagus, cara merawat jok kulit mobil perlu dikuasai.

Perawatan yang salah bukan menjaga keawetan, tetapi malah berpotensi jadi penyebab kerusakan. Oleh sebab itu, langkah ini perlu dilakukan dengan cermat dan tepat. Dikutip Era.id dari situs web resmi Suzuki, berikut ini langkah-langkahnya.

Ilustrasi jok kulit mobil (pexels)

Cara Merawat Jok Kulit Mobil agar Awet

·         Seka dengan air

Bahan yang digunakan untuk merawat jok kulit mobil harus diperhatikan. Anda tak perlu khawatir sebab Anda hanya butuh air dan lap bersih. Jadi, Anda tidak menyemprotkan air secara langsung ke permukaan jok.

Anda cukup membasahi lap bersih, peras kain lap tersebut hingga kering dan cukup lembap. Setelah itu, gunakan lap tersebut untuk menyeka kulit jok, terutama bagian yang kotor.

Anda bisa menyiapkan lap bersih kering untuk mengeringkan kulit jok agar tidak terlalu lembap. Jok kulit mobil yang terlalu lembap berisiko muncul bercak air.

·         Sabun dan sampo bayi

Jika air saja kurang kurang untuk mengangkat kotoran, Anda bisa menggunakan sabun atau sabun bayi. Sabun dan sampo bayi dibuat khusus untuk kulit bayi yang sensitif dengan tingkat keasaman rendah. Jadi, bahan ini aman untuk sarung jok berbahan kulit.

Cara menggunakannya tetap dengan lap bersih. Basahi kain lap dengan campuran air dan sabun/sampo. Setelah itu, seka permukaan kulit jok secara lembut. Terakhir, keringkan jok agar terhindar dari jamur. Perlu diketahui, penggunaan sabun dan sampi bayi bisa menurun tingkat kilap jok kulit.

·         Gunakan sikat lembut

Jika ada kerak atau kotoran yang susah dibersihkan, Anda bisa menggunakan sikat lembut. Salah satu sikat yang bisa Anda gunakan adalah sikat gigi bayi.

Cara menggunakannya, berikan pembersih pada bulu sikat. Setelah itu, sikatlah area yang kotor saja secara lembut atau ringan. Gunakan sikat dengan gerakan searah.

Saat kotoran mulai terangkat, gunakan lap untuk membersihkannya. Jika masih ada sisa kotoran, ulangi penyikatan—tetap secara lembut atau ringan. Setelah selesai, pastikan jok kulit mobil benar-benar kering dan tidak ada sisa deterjen.

·         Gunakan kanebo

Saat Anda ingin membersihkan debu kering tetapi cuku susah dihilangkan dengan kain lembut, gunakan kanebo. Kanebo terbuat dari bahan yang bisa menyerap kotoran lembab secara baik.

Saat jok Anda kotor, lap saja dengan kanebo. Setelah itu, cuci kanebo kemudian peras. Simpan kanebo di wadahnya agar tidak kering dan keras.

·         Poles jok

Jika Anda ingin jok kulit Anda tampil mengilap, rutinlah memoles sarung jok dengan bahan poles khusus kulit. Biasanya bahan ini juga digunakan untuk merawat tas atau dompet kulit.

Bahan poles ini berupa pasta. Untuk menggunakannya, oleskan sedikit bahan poles pada kain kering yang lembut, misalnya kait katun.

Setelah itu, gosokkan kain tersebut ke permukaan jok secara lembut hingga mengilap dan kering. Anda bisa melakukan pemolesan satu bulan sekali atau saat tampak kusam. Lapisan lilin pada bahan poles juga bermanfaat untuk mencegah sarung jok kulit mobil mudah retak atau sobek. 

Rekomendasi