Berbagai Jenis Sarung Jok Mobil, Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Selera

| 09 Jun 2023 21:25
Berbagai Jenis Sarung Jok Mobil, Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Selera
Ilustrasi jok mobil (pexels)

ERA.id - Ada banyak jenis sarung jok mobil yang bisa dipilih. Pemilik kendaraan tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan.

Salah satu tujuan dari pemasangan atau penggantian sarung jok adalah untuk menjaga keawetan dari jok bawaan mobil. Selain itu, pemilik bisa mendapatkan model sarung jok sesuai keinginan.

Berhubung ada banyak jenis sarung jok yang ditawarkan, sebaiknya Anda tahu apa saja jenis-jenis tersebut. Dengan demikian, Anda tidak bingung saat datang ke bengkel interios mobil. Selain itu, Anda bisa lebih tahu sarung jok yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Berbagai Model Sarung Jok Mobil

Dikutip Era.id dari carmudi, ada dua jenis metode yang ditawarkan untuk pemasangan sarung jok mobil, yaitu permanen dan semipermanen. Jika Anda ingin sarung jok permanen, jok bawaan akan dilepas kemudian diganti dengan bahan yang telah dipilih. Ini merupakan cara yang jarang dipilih—jadi pilihan terakhir.

Ilustrasi jenis jok mobil berbahan kulit (pexels)

Mengganti sarung jok secara permanan membuat keaslian dari mobil menjadi rusak. Jenis bahan dan pemasangan juga belum tentu sesuai dengan selera semua orang. Oleh sebab itu, cara ini agak dihindari.

Dengan kata lain, semi-permanen adalah cara yang lebih sering dipilih. Cara ini menggunakan bungkus yang dapat dibuka atau dilepas kapan saja. Jok asli tidak dilepas, tetapi dilapisi dengan bahan yang telah dipilih.

Keaslian dari jok bawaan mobil pun dapat terjaga. Selain itu, pemilik kendaraan bisa lebih mudah mengganti sarung tersebut juga suatu saat sudah merasa bosan atau sarung jok sudah rusak.

Berbagai Jenis Sarung Jok Mobil

Anda bisa memilih bahan jok sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Secara umum, ada lima jenis bahan yang bisa digunakan.

·         Kulit asli

·         Kulit sintetis premium

·         Kulit sintetis

·         Semi kulit

·         Kain atau fabric

Masing-masing bahan sarung jok ini punya keunggulan dan harga yang berbeda-beda. Bahan yang paling banyak digunakan adalah kulit semisintetis. Bahan ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Selain itu, kulit semisintetis tidak butuh parawatan khusus.  

Saat sarung jok mobil ini kotor, pemilik kendaraan cukup mengelapnya menggunakan kain basah. Bahan lain yang cukup sering dipilih adalah fabric. Bahan ini biasanya dipilih oleh pemilik kendaraan yang kurang suka atau kurang cocok dengan bahan kulit ataupun kulit sintetis.

Akan tetapi, jika Anda ingin memberikan tampilan yang mewah maka sarung jok mobil jenis kulit atau kulit sintetislah yang tepat untuk dipilih. 

Rekomendasi