Berapa Lama Merebus Ati Ampela agar Empuk? Lakukan Langkah Berikut

| 13 Jul 2024 11:45
Berapa Lama Merebus Ati Ampela agar Empuk? Lakukan Langkah Berikut
Ilustrasi ati ampela. (Pixabay)

ERA.id - Bagian hati dan ampela ayam dapat Anda olah menjadi sambal goreng ataupun gulai yang lezat. Karena jeroan ini mengeluarkan bau khas dan tekstur yang licin, ada proses memasak hati dan ampela yang harus Anda ketahui. Ada baiknya Anda mengetahui berapa lama merebus ati ampela agar empuk dan tidak mengeluarkan bau amis. Namun, sebelum mengetahui hal tersebut, ikuti tips memasak hati dan ampela ayam yang dilansir dari beberapa sumber di bawah ini.

Gunakan teknik blanching

Blanching merupakan teknik merebus makanan di dalam air dalam waktu singkat. Anda dapat menggunakan air biasa ataupun dicampur dengan rempah aromatik seperti daun jeruk, serai, daun salam, atau lengkuas. Selanjutnya, buang air rebusan, dan cuci jeroan dengan air mengalir hingga bersih. Teknik blanching pada jeroan ini dapat mengurangi aromi amis dan menjadikan tekstur hati dan ampela mengencang. Selain blanching, Anda dapat membersihkan hati dan ampela dengan mengolesi garam dan air perasan jeruk nipis. Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit. Barulah Anda bilas dengan air mengalir.

Rebus atau ungkep hati dan ampela

Cara mengolah hati dan ampela ayam tergantung pada masakan yang hendak diolah. Jika Anda hendak membuat masakan balado, terlebih dulu rebus hati dan ampela ayam hingga empuk. Selanjutnya beri bumbu balado dan masak hingga matang. Namun, ada beberapa masakan yang mengharuskan bumbu hati dan ampela dimasak bersamaan agar rasanya lebih lezat. Sebagai contoh gulai, bacem, dan pepes. Jika hendak menggoreng hati dan ampela, ungkep langsung dengan bumbunya.

Mengutip buku Sajian Sedap, durasi mengungkep hati dan ampela ayam adalah 20-30 menit. Dengan cara demikian, tekstur hati ampela lebih empuk dan aroma amis pun akan hilang.

Olesi tepung bumbu siap saji

Masih dikutip dari Sajian Sedap, dikatakan bahwa tepung bumbu siap saji juga dapat membuat hati dan ampela ayam menjadi empuk. Caranya adalah dengan lumuri hati dan ampela ayam dengan tepung bumbu siap saji. Selanjutnya, agar tepung meresap, remas-remas secara perlahan. Setelah itu, goreng hati dan ampela ayam hingga matang.

Masak hati dan ampela

Hati dan ampela ayam yang sudah Anda cuci dengan bersih dan direbus sebentar (blanching) dapat diolah menjadi berbagai masakan. Jeroan ayam tersebut sering dimasak menjadi sambal goreng. Pada umumnya hati dan ampela dimasukkan setelah tumisan bumbu matang dan mengeluarkan aroma harum. Tanda hati dan ampela matang yaitu warnanya berubah lebih pekat dan teksturnya semakin padat.

Ilustrasi olahan ati ampela. (Pixabay)

Simpan di dalam kulkas

Hati dan ampela matang dapat Anda simpan di dalam kulkas ataupun freezer. Sebelum hati dan ampela Anda simpan, pastikan sudah dingin. Masukkan hati dan ampela ke dalam zip lock atau wadah kedap udara, simpan di kulkas hingga 3-4 hari. Jika ingin hati ampela lebih tahan lama, Anda dapat menaruh di dalam plastik vakum. Simpan di dalam freezer sehingga akan awet sampai 4 bulan.

Berapa lama merebus ati ampela agar empuk?

Dari langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa lama merebus ati ampela agar empuk adalah selama 20-25 menit. Untuk selengkapnya, lakukan langkah berikut:

Langkah-langkah

  • Bersihkan ati ampela dan rendam dalam air selama 30 menit.
  • Rebus air dalam panci dan tambahkan bawang putih, jahe, merica, daun jeruk nipis, dan garam.
  • Masukkan ati ampela yang sudah direndam dan biarkan mendidih selama 20-25 menit atau hingga matang.
  • Angkat ati ampela dan tiriskan.
  • Ati ampela siap disajikan dan diolah sesuai selera.

Demikianlah ulasan mengenai berapa lama merebus ati ampela agar empuk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi