Motor Incaran Maling dan Tips Terhindar dari Curanmor

| 04 Aug 2023 23:05
Motor Incaran Maling dan Tips Terhindar dari Curanmor
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

ERA.id - Bagi Anda yang memiliki kendaran berupa sepeda motor, terlebih motor incaran maling, sebaiknya tetaplah waspada dan jangan sekali-kali lengah dari ancaman aksi pelaku curanmor atau pencurian kendaraan bermotor.

Pelaku curanmor yang berpengalaman tentunya selalu memiliki strategi dalam melancarkan aksinya. Mereka tidak segan-segan memasuki halaman rumah Anda untuk menggondol motor.

Karena peminatnya sangat tinggi di pasar gelap, merek-merek motor tertentu sering dijadikan incaran maling. Bahkan motor keluaran terbaru atau yang masih terlihat berkilau tidak lepas dari bidikan maling.

Maling motor profesional berani menggunakan segala cara agar dapat menggondol motor sasarannya. Selanjutnya mereka akan menjualnya kembali dengan cepat, entah itu dalam kondisi utuh ataupun pretelan.

Ilustrasi motor incaran maling (Dok. Paultan)

Motor Incaran Maling

Merek motor yang diduga sebagai incaran maling antara lain:

A. Motor Matic

- Honda Vario

- Honda BeAT

- Honda Scoopy

- Yamaha NMax

- Yamaha Mio

- Yamaha Fino

- Yamaha Mio Soul GT

B. Motor Langka

- Yamaha RX-King

- Kawasaki Ninja 250 cc

- Kawasaki Ninja RR 2-tak 150 cc

Tips Terhindar dari Curanmor

Karena pangsa pasarnya yang besar, motor matic sering menjadi incaran maling. Hingga hari ini populasi motor matic jauh lebih besar ketimbang motor manual, Oleh sebab itulah maling lebih mengutamakan untuk menargetkan motor jenis ini.

Motor trondol (sudah dibongkar pasang) atau yang sudah dimodifikasi sana-sini sering diabaikan maling karena tidak laku atau dianggap sebagai motor bekas. Namun, bukan berarti motormu harus dibikin remuk redam agar tidak diintai maling. Cukup bersikap hati-hati, teliti dan waspada di mana saja.

Motor yang bersih dan rapi seperti habis keluar dari pabrik juga menjadi favorit maling sebab dapat dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Jika merasa kurang aman, sediakan segala macam kunci atau pengaman lain agar motor Anda selamat.  

Setidaknya ada tiga hal yang dijadikan pedoman bagi maling spesialis curanmor, antara lain; mengincar motor yang onderdilnya diburu orang, fokus pada motor keluaran terbaru karena lebih cepat terjual dan yang terakhir, dan hanya akan menggasak merek motor yang bisa dijual lagi dengan harga tinggi.

Tetaplah waspada terhadap kemampuan maling motor. Selain mempunyai jaringan kriminal yang kuat, komplotan maling motor umumnya dibekali pengetahuan yang lengkap tentang merek motor paling laris atau yang bisa dijual dengan cepat.

Motor langka juga kerap dijadikan sasaran curanmor karena masuk golongan barang koleksi yang masih mempunyai nilai jual tinggi khususnya di kalangan kolektor. Tidak semua maling mengincar motor jenis ini, hanya mereka yang tahu persis motor apa yang paling laku selanjutnya dengan penuh keberanian melancarkan aksinya.

Dengan demikian, sebaiknya mulai sekarang Anda harus selalu waspada. Sebab kasus curanmor tidak hanya terjadi di tempat yang sepi. Pencuri pada zaman sekarang tentunya lebih berani beraksi di keramaian bahkan nekat masuk ke halaman rumah yang sudah dilengkapi CCTV.

Selain mengutamakan motor merek-merek tertentu yang akan diincar, maling juga terbukti setia menunggu Anda lengah agar dapat membawa kabur motor Anda dengan mudah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi