Daftar Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak yang Bisa Memeriahkan Suasana

| 09 Aug 2023 20:30
Daftar Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak yang Bisa Memeriahkan Suasana
Ilustrasi lomba pecah air (YouTube)

ERA.id - Peringatan Hari Kemerdekaan sudah mulai dilakukan di beberapa tempat. Sebagian masyarakat merayakan hari bahagia ini dengan mengadakan berbagai jenis lomba. Namun, ada pula yang merayakannya tepat pada tanggal 17 Agustus nanti.

Ada banyak jenis lomba yang bisa dilakukan, dan lomba 17 Agustus untuk anak-anak adalah yang paling banyak. Hampir setiap tahun ada lomba baru yang dipertandingkan agar anak-anak bisa merasakan kebahagiaan di hari peringatan Kemerdekaan Indonesia. Jika Anda butuh inspirasi untuk membuat lomba baru, simak informasi dari Era.id berikut ini.

Berbagai Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak

·         Lomba balap karung helm

Lomba balap karung adalah hal yang umum dilakukan saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Lomba ini bisa dimodifikasi agar memberikan keseruan yang lebih tinggi.

Lomba balap karung helm dilakukan dengan alat-alat berupa karung kain atau goni dan helm. Tempat yang bisa digunakan untuk mengadakan lomba sebaiknya tanah, bukan aspal.

Cara melakukan lomba ini sama dengan lomba barap karung, tetapi peserta tidak hanya memasukkan kaki ke dalam karung, melainkan seluruh tubuhnya. Dengan kata lain, anak-anak yang jadi peserta jongkok di dalam karung, kemudian ditali.

Sebelum mulai balapan, para peserta harus menggunakan helm di kepala untuk melindungi kepala jika terjatuh selama belapan berlangsung. Para peserta tidak perlu melompat seperti balap karung, tetapi berjalan dalam posisi jongkok.

·         Estafet tepung

Ilustrasi lomba pindah tepung (YouTube)

Lomba ini dilakukan dalam grup beberapa anak. Setiap kelompok membuat barisan dari depan ke belakang dengan posisi duduk. Tugas mereka adalah memindahkan tepung dari peserta paling depan ke peserta paling belakang.

Cara memindahkan tepung ini dilakukan dengan tangan kosong. Pengoperan tepung dilakukan dari atas kepala, kemudian diterima oleh peserta yang ada di belakangnya. Dalam waktu tertentu, kelompok yang mengumpulkan tepung paling banyak menjadi pemenang.

·         Lomba menangkap belut

Belut yang digunakan adalah belut hidup. Letakkan banyak belut di dalam ember. Kemudian, masing-masing peserta mengambil belut yang licin tersebut untuk di bawa ke sisi lain lapangan dan dimasukkan ke dalam botol. Dalam durasi tertentu, peserta yang mengumpulkan belut paling banyak menjadi pemenang.

·         Pecah air

Lomba pecah air dilakukan dengan alat-alat berupa kantong plastik bening, penutup mata, dan batang pohon pisang. Cara bermainnya, para peserta ditutup matanya kemudian berusaha memecahkan kantong plastik yang diisi air di sisi lain lapangan. Cara memecahkan platik tersebut adalah memukul dengan batang pohon pisang.

·         Menggiring balon

Seperti menggiring bola dalam permainan sepak bola, permainan ini menggunakan balon udara sebagai pengganti balon. Penggiringan dilakukan dengan kaki dan tidak boleh tersentuh tangan. Orang yang pertama kali menyentuh garis finis dengan balonnya adalah pemenangnya.

Itulah beberapa lomba 17 Agustus untuk anak-anak yang bisa Anda coba. Masih banyak sekali lomba yang bisa Anda adakan. Atau, Anda bisa mengembangkan lomba-lomba yang telah disebutkan di atas. 

Rekomendasi