Cara Membuat Kombucha Sederhana, Bisa Dipraktekkan di Rumah

| 19 Aug 2023 08:30
Cara Membuat Kombucha Sederhana, Bisa Dipraktekkan di Rumah
Cara Membuat Kombucha (unsplash)

ERA.id - Kombucha adalah minuman fermentasi yang kaya akan probiotik dan khasiat kesehatan, telah menjadi semakin populer di kalangan pecinta gaya hidup sehat. Lantas bagaimana cara membuat kombucha sendiri di rumah?

Jika Anda ingin membuat kombucha sendiri di rumah, artikel ini akan membantu Anda memahami beberapa langkah-langkah utama dan panduan praktis dalam membuat minuman ini secara efektif.

Simpan kombucha ke dalam toples (unsplash)

Cara Membuat Kombucha

Dilansir dari Indo Kombucha, berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda siapkan meliputi:

  1. Air bersih sebanyak 2-3 liter (untuk Kombucha berdiameter 10 cm) atau 8-10 liter (untuk yang berdiameter 25 cm). Disarankan menggunakan air tanah/ledeng yang telah dipanaskan atau difiltrasi dengan karbon aktif atau sistem filter lainnya, untuk menghindari penggunaan air mineral yang mengandung Ozone.
  2. Gula pasir putih sekitar 2-3 ons (untuk Kombucha berdiameter 10 cm) atau 8-10 ons (untuk yang berdiameter 25 cm), atau sesuai selera. Pilihan gula lain seperti gula batu atau gula aren juga dapat digunakan. Namun, sebaiknya hindari penggunaan gula kimia seperti Aspartam, Dextrose, Maltose, Gula Jagung, dan Gula Diet.
  3. Teh dalam jumlah yang cukup. Disarankan menggunakan teh daun alih-alih sachet, dan jenis teh apa pun dapat digunakan, seperti teh hitam, hijau, putih, Oolong, Pu Erh, dan lainnya. Pilihlah teh yang murni tanpa campuran aroma lain seperti melati, vanilla, lemon, atau mint.
  4. Starter Kombucha, yang terdiri dari Kultur Kombucha atau lapisan gel berwarna putih yang dikenal sebagai SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast), serta Teh Kombucha yang sudah menjadi cuka atau disebut Cuka Kombucha.

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Rebuslah daun teh bersama gula. Campuran yang dapat digunakan adalah 1 liter air dengan 100 gram gula dan 3 sendok makan daun teh.
  2. Setelah air mendidih, matikan api dan biarkan air teh meresap panasnya sampai mencapai suhu ruang.
  3. Saring daun teh agar mendapatkan teh yang bersih dan bebas ampas. Tuangkan hasil saringan ke dalam toples kaca.
  4. Tempatkan SCOBY ke dalam toples kaca tersebut, pastikan tangan Anda telah diolesi dengan cuka untuk mengaktifkan SCOBY dan memulai proses fermentasi. SCOBY yang aktif akan mengapung dalam air teh.
  5. Tutup permukaan toples kaca dengan tisu atau kain bersih untuk mencegah lalat masuk.
  6. Simpan toples pada suhu ruang dan biarkan fermentasi berlangsung selama 5-7 hari, atau bahkan hingga 12 hari, sesuai dengan preferensi Anda.
  7. Saat ingin mengambil teh kombucha, Anda dapat melakukannya sesuai selera. Semakin lama teh disimpan, tingkat kemanisannya akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Selain Cara Membuat Kombucha, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi