Cara Membuat Media Tanam di Rumah dengan Bahan Sederhana

| 25 Jun 2024 20:00
Cara Membuat Media Tanam di Rumah dengan Bahan Sederhana
Cara membuat media tanam (Freepik)

ERA.id - Memiliki tanaman yang subur tentu menyenangkan bagi Anda yang suka bercocok tanam. Untuk itu, mari kita bahas cara membuat media tanam yang dapat menyediakan nutrisi, air, dan oksigen yang dibutuhkan untuk tanaman Anda.

Artikel ini akan dibahas cara mudah untuk membuat media tanam sendiri di rumah menggunakan alat dan bahan-bahan yang sederhana.

Dilansir dari College of Agricultural Sciences, The Pennsylvania State University berikut ini bahan dan langkah-langkah membuat media tanam yang subur:

Siapkan Bahan Media Media Tanam (freepik)

Bahan Media Media Tanam

Media tanam berbasis tanah atau berbasis gambut dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan beberapa bahan. Berikut ini beberapa bahan utama yang akan digunakan untuk media berbasis tanah dan berbasis gambut:

  1. Sphagnum peat moss

Sphagnum peat moss atau lumut gambut memiliki tekstur kasar dan berkontribusi pada aerasi yang baik untuk menahan air untuk mencegah tanah cepat kering. Akan tetapi, menambahkan terlalu banyak bahan ini dapat membatasi drainase tanah dengan menahan terlalu banyak air.

Sphagnum peat moss bisa sulit dibasahi dan harus dibasahi sebelum dicampur dengan bahan lain. Selain itu, sphagnum peat moss adalah sumber daya yang terbatas yang dapat digantikan dengan kompos jika diinginkan.

  1. Pasir

Pasir kasar, tajam, atau pasir bangunan, yang sering digunakan dalam konstruksi, adalah bahan utama dalam media tanam. Seperti peat moss, pasir meningkatkan drainase dan aerasi, tetapi tidak meningkatkan kapasitas menahan air.

Namun terlalu banyak pasir akan membuat wadah terlalu berat untuk dipindahkan. Pasir juga tidak boleh dicampur dengan tanah berbasis lempung.

  1. Perlite

Perlite dapat digunakan dalam media tanam berbasis gambut dan berbasis tanah sebagai pengganti pasir. Perlite adalah batuan vulkanik yang mengembang saat dipanaskan hingga 1.800°F.

Seperti pasir, perlite menyediakan drainase yang baik, tetapi lebih ringan dan menahan lebih banyak udara. Meskipun lebih mahal daripada pasir, Anda akan mendapat keuntungan yang sebanding.

  1. Vermiculite

Vermiculite sering digunakan sebagai pengganti perlite. Vermiculite adalah lempung yang termasuk dalam keluarga mika dan secara alami ditemukan dalam bentuk serpihan berlapis.

Cara Membuat Media Tanam Berbasis Tanah

Berikut adalah resep dasar untuk media tanam berbasis tanah. Dalam resep ini, tanah kebun, pasir bangunan kasar, dan sphagnum peat moss digabungkan dengan perbandingan yang sama berdasarkan volume:

  1. Siapkan Media Tanah

Mulailah dengan satu galon tanah loam (tanah kebun) yang telah disterilkan yang bisa Anda temukan di toko tanaman. Lalu tuangkan tanah kebun ke dalam keranjang kosong yang bersih.

Memilih tanah loam yang disterilkan dapat menghindari masalah penyakit, serangga, dan gulma yang mungkin ada di tanah yang tidak disterilkan. Tanah yang diambil langsung dari kebun mungkin terkontaminasi dengan hama ini, dan menyebabkan masalah di masa depan seperti bibit mati, cacat, atau terhambat pertumbuhannya.

Selain itu, gulma dalam tanah kebun umumnya tumbuh dengan cepat dan mengalahkan bibit yang diinginkan dengan bersaing untuk mendapatkan nutrisi, air, udara, dan cahaya.

  1. Tambahkan Peat Moss

Tambahkan satu galon sphagnum peat moss yang lembab dan kasar, diikuti dengan satu galon pasir kasar, perlite, atau vermiculite.

  1. Sesuaikan Campuran

Sesuaikan tekstur media untuk menciptakan campuran yang longgar dan memiliki drainase yang baik, dengan patokan pasir terasa berpasir dan lempung terasa lengket.

Jika media tanam terasa terlalu berpasir, tambahkan lebih banyak peat moss. Kemudian jika media tanam terasa terlalu lengket, tambahkan pasir dan peat moss tambahan. Sesuaikan teksturnya dengan menambahkan sebagian kecil pasir dan/atau peat moss sampai Anda puas dengan teksturnya.

Selain cara membuat media tanam, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi