Cara Menaikkan Berat Badan bagi Penderita Diabetes, Wajib Simak!

| 26 Aug 2023 12:05
Cara Menaikkan Berat Badan bagi Penderita Diabetes, Wajib Simak!
Ilustrasi (Freepik/rawpixel.com)

ERA.id - Kehilangan berat badan dalam jumlah banyak dengan waktu singkat tentunya dapat memperparah kondisi diabetes, bahkan memicu komplikasi seperti ketoasidosis diabetik. Namun, penderita diabetes sering kali khawatir gula darahnya akan naik ketika berusaha menambah berat badan mereka. Nah, lantas bagaimana menaikkan berat badan bagi penderita diabetes? Simak penjelasan di bawah ini.

Penderita diabetes (diabetesi) yang hendak menambah berat badan perlu berhati-hati dalam memilih makanan.

Walaupun salah satu kunci menaikkan berat badan adalah menambah asupan kalori, menyantap makanan tinggi kalori bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain menentukan nutrisi terbaik, penderita diabetes perlu melakukan perubahan pola makan dan memantau asupan kalori setiap kali mengonsumsi makanan dan minuman.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menggemukkan berat badan penderita diabetes dan tak lupa tetap melakukan kontrol gula darah.

Batasi konsumsi makanan atau minuman rendah kalori

Makanan atau minuman rendah kalori misalnya kopi, teh, dan camilan diet memang dapat menutupi rasa lapar tanpa memberikan banyak energi. Hal ini membuat Anda semakin kehilangan nafsu makan.

Oleh karena itu, pilihlah camilan sehat yang tinggi kalori dan kaya gizi sehingga dapat membantu menambah berat badan dan mengontrol gula darah.

Beberapa jenis camilan sehat untuk diabetes yang bisa dicoba antara lain:

  • yoghurt rendah lemak dengan granola atau buah, dan
  • kacang almon, kacang mete, atau pistachio.
  • buah-buahan segar seperti pisang, apel, pir, stroberi,
  • roti gandum dengan selai buah alpukat (avocado toast)
Ilustrasi (Pixabay)

Menambah asupan protein

Untuk menaikkan berat badan, penderita diabetes bisa mengonsumsi sumber protein berkualitas yang bersumber dari ayam, telur rebus, dan ikan.

Sementara itu, untuk protein nabati dapat didapatkan dari buncis, makanan olahan kacang kedelai (tahu dan tempe), dan kacang-kacangan.

Beberapa sumber protein ini juga mengandung karbohidrat. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan jumlah kandungan karbohidratnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan karbohidrat harian.

Perbanyak makanan tinggi kalori yang bernutrisi

Salah satu cara terpenting saat penderita diabetes berusaha menaikkan berat badan adalah memilih makanan tinggi kalori tapi tetap kaya gizi.

Meskipun tinggi kalori, Anda harus menghindari konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula sehingga tak memengaruhi kadar gula darah dan kolesterol.

Anda dapat memilih sumber karbohidrat kaya serat, vitamin, dan mineral yang mempunyai indeks glikemik yang rendah, misalnya:

  • jagung,
  • nasi merah atau cokelat,
  • kacang-kacangan,
  • biji-bijian seperti gandum dan granola, dan
  • buah alpukat.

Hal yang penting untuk diingat, Anda tetap perlu menyesuaikan asupan sumber karbohidrat untuk diabetes ini dengan kebutuhan karbohidrat harian sehingga gula darah tetap terkontrol.

Melansir Diabetes UK, penderita diabetes dapat mengonsumsi produk olahan susu seperti krim, keju, susu rendah lemak, atau yoghurt sebagai sumber kalori tambahan.

Tentunya Anda harus mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter atau spesialis gizi terkait jumlah asupan karbohidrat yang sesuai untuk mencapai berat badan ideal. Anda juga bisa langsung memeriksanya di kalkulator BMI.

Makan lebih sering dalam porsi kecil

Makan dengan porsi kecil tapi lebih sering bisa dipilih sebagai cara menggemukkan badan yang efektif untuk penderita diabetes, terutama ketika nafsu makan Anda sedang sangat rendah.

Menyantap makanan untuk diabetes dalam jumlah sedikit akan lebih mudah ketimbang makan dalam porsi besar sekaligus.

Beralih ke sumber lemak baik (tak jenuh)

Anda dapat mengombinasikannya dengan sumber karbohidrat tinggi serat dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti mono dan polisaturated fats.

Sumber lemak tak jenuh umumnya merupakan makanan dengan kalori tinggi untuk membantu menambah berat badan penderita diabetes yang nafsu makannya menurun.

Jenis-jenis makanan yang mengandung lemak sehat antara lain:

  • biji-bijian,
  • alpukat,
  • kacang-kacangan, dan
  • ikan laut seperti tuna, sarden, dan salmon.

Untuk mengolahnya, Anda dapat menggunakan minyak yang juga mengandung lemak baik, misalnya minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak jagung.

Demikianlah ulasan tentang cara menaikkan berat badan bagi penderita diabetes. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips diabetes diet
Rekomendasi