Anti Gagal dan Mudah, Cara Lolos Tes Buta Warna

| 04 Aug 2024 07:00
Anti Gagal dan Mudah, Cara Lolos Tes Buta Warna
Color blindness test (freepik)

ERA.id -  Pernahkah Anda mendengar cerita tentang seseorang yang lolos tes buta warna? Jika Anda sendiri pernah mengalami kesulitan saat menjalani tes ini, mari simak lebih lanjut cara lolos tes buta warna dalam artikel ini.

Buta warna lebih dari sekadar ketidakmampuan membedakan warna. Kondisi ini dapat membatasi pilihan karir dan bahkan memengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun, apakah benar ada cara untuk "menipu" tes buta warna?

Apa saja yang dilakukan ketika tes buta warna?

Dilansir dari laman enchroma, tes buta warna, baik online maupun kertas, membutuhkan kondisi pencahayaan tertentu. Misalnya, tes kertas membutuhkan cahaya putih terang, yaitu pencahayaan yang terdiri dari semua warna secara seimbang.

Untuk itu, akan sangat mudah untuk secara tidak sengaja menggunakan pencahayaan ruangan yang menambahkan lebih banyak biru atau kuning pada apa yang Anda lihat.

Permasalahannya, Anda tidak diizinkan untuk memakai kacamata dengan lensa filter berwarna karena dapat membantu Anda menipu dalam tes.

Tes buta warna Ishihara merupakan tes yang biasa digunakan untuk mendeteksi kekurangan penglihatan warna, terutama merah-hijau. Tes ini menampilkan pelat berwarna dengan lingkaran yang mengandung angka atau pola yang sulit dilihat oleh orang dengan kekurangan penglihatan warna.

Meskipun seseorang dengan kekurangan penglihatan warna ringan mungkin dapat melihat beberapa angka atau pola, tes ini dirancang untuk mendeteksi kekurangan secara umum, sehingga mereka mungkin tidak bisa melewati tes sepenuhnya.

Jika seseorang curiga mengalami kekurangan penglihatan warna, mereka harus berkonsultasi dengan profesional perawatan mata untuk evaluasi lebih lanjut dan panduan yang tepat.

Apa saja yang dilakukan ketika tes buta warna (freepik)

Bagaimana Cara Lolos Tes Buta Warna?

  1. Kacamata Khusus

Namun kacamata buta warna EnChroma meningkatkan warna biru, hijau, dan merah secara sama, dan tidak memberikan petunjuk kecerahan yang jelas, yaitu kecerahan yang terdistorsi yang dapat menghasilkan hasil positif palsu saat melakukan tes buta warna.

Perlu diketahui, kacamata buta warna tidak bekerja dengan cara yang sama seperti kacamata resep membantu Anda melihat bagan mata. Itulah mengapa tampaknya kontra intuitif bahwa sepasang kacamata yang dirancang untuk meningkatkan persepsi warna tidak akan membantu melihat warna tes buta warna.

Kacamata EnChroma dirancang untuk memberikan mereka yang memiliki kekurangan penglihatan warna cerah yang mendalam dengan melihat begitu banyak warna yang ditingkatkan yang ditawarkan.

Meskipun demikian, kacamata bantuan tidak dirancang untuk membantu lulus tes buta warna. Anda hanya bisa mengenakan kacamata khusus Anda untuk menikmati semua warna yang ditawarkan tanpa perlu tes.

  1. ColorCorrection

Cara kedua agar tidak terlalu mencolok adalah dengan memakai lensa kontak atau kacamata khusus yang dirancang untuk membantu Anda lulus uji buta warna. Lensa ini dibuat dengan panjang gelombang cahaya yang tepat untuk koreksi penglihatan warna Anda.

Dilansir dari laman Color Max, proses ColorCorrection dimulai dengan pemeriksaan mata komprehensif yang mencakup evaluasi penglihatan warna lengkap. Lebih dari 25 tes penglihatan warna yang berbeda serta pengujian tambahan khusus, telah dilakukan untuk menentukan kebutuhan desain setiap pasien.

Setelah semua pengujian dan data dikumpulkan, penyedia jasa akan merancang dan meresepkan lensa penglihatan warna yang sesuai untuk Anda. Dengan lensa ini, Anda akan mampu melihat warna dengan lebih baik dan lulus uji buta warna dengan mudah.

Selain cara lolos tes buta warna, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi