Cara Mengisi LinkedIn untuk Fresh Graduate, Wajib Simak

| 17 Sep 2023 22:05
Cara Mengisi LinkedIn untuk Fresh Graduate, Wajib Simak
Ilustrasi LinkedIn (foto: Bastian Riccardi / Pexels)

ERA.id - LinkedIn adalah salah satu media jejaring sosial yang berhubungan dengan pekerjaan atau profesi. Semua orang mulai dari mahasiswa, alumnus kampus, atau fresh graduate sampai pekerja profesional dapat menggunakan LinkedIn untuk melebarkan jaringannya. Dalam artikel ini, akan dibahas  bagaimana cara mengisi LinkedIn untuk fresh graduate.

Dalam jejaring sosial ini Anda bisa mendapatkan informasi magang, lowongan kerja, bahkan dapat melamar kerja. Profil Anda tentunya harus menarik dan terlihat profesional agar perusahaan atau klien menjadi tertarik.

Tips Mengisi LinkedIn untuk Fresh Graduate Agar Menarik

Melansir situs linkedin.com, di bawah ini adalah beberapa tips membuat profil LinkedIn Anda agar terlihat menarik. Cara ini dapat digunakan oleh mahasiswa, fresh graduate hingga seorang profesional.

Ilustrasi (Unsplash)

Tentukan Foto Profil dan Latar Belakang

Pilih foto profil yang jelas dan profesional. Anda bisa berfoto dengan gaya santai tetapi tidak disarankan bergaya secara berlebihan. Sebab hal tersebut akan menjadikan Anda terlihat tidak profesional.

Jangan lupa pula untuk menggunakan latar belakang yang menarik. Usahakan memilih latar belakang yang relevan dengan profil Anda. Latar belakang yang nyaman dilihat tentunya akan membuat orang tertarik untuk membuka profil Anda.

Isi Ringkasan dengan Cerita Anda

Isi bagian ringkasan dengan cerita Anda. Tentunya jangan sekadar menuliskan keahlian, tetapi tulis juga mengapa keahlian Anda diperlukan, bagaimana orang-orang di sekitar Anda berubah dengan keahlian yang Anda miliki.

Jangan Gunakan Kata Umum

Untuk mendeskripsikan diri Anda, sebaiknya hindari kata yang umum, contohnya baik, pandai, rajin, Anda disarankan untuk memilih kata yang lebih spesifik, seperti kreatif, berpengalaman, inovatif, kepemimpinan, dan lainnya.

Jangan Hanya Mengisi Jabatan pada Bagian Headline

Bagian headline pada profil sebaiknya jangan hanya diisi jabatan. Anda bisa mengisi lebih banyak terkait bagaimana peran Anda, mengapa Anda menjalankan pekerjaan, dan apa yang membuat Anda tergerak.

Lengkapi dengan Pengalaman

Pengalaman hidup tentunya penting juga untuk diketahui orang lain. Pengalaman ini bisa dimulai dari organisasi, pengalaman pendidikan, pekerjaan dan proyek-proyek yang pernah Anda kerjakan.

Bahkan bagi seorang fresh graduate pun tetap bisa membagikan pengalamannya di sini. Misalnya pernah melakukan magang kerja.

Tulis Keahlian yang Relevan

Bisa jadi Anda memiliki segudang bakat dan keahlian. Tapi Anda tidak perlu menuliskannya semua. Cukup tulis keahlian Anda yang relevan dengan apa yang hendak Anda tawarkan.

Highlight layanan apa yang bisa Anda berikan untuk klien atau perusahaan yang mungkin membutuhkan kemampuan Anda.

Kembangkan Jaringan

Koneksikan profil Anda dengan jaringan yang Anda miliki, misalnya dengan teman-teman sekolah, kuliah, atau anggota organisasi. Semakin luas jaringan, maka kemungkinan Anda dikenal akan semakin luas.

Menjalani Tes Keterampilan

LinkedIn menyediakan tes keterampilan online yang dapat Anda ikuti. Hasil tes ini bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk memilih Anda bergabung dengan perusahaannya.

Minta Rekomendasi

Tak perlu malu meminta rekomendasi dari teman, klien, atau atasan Anda. Dukungan ini dapat berupa pujian atau pengakuan. Anda dapat membuatnya terlihat atau tidak terlihat di profil.

Tautkan Profil dengan Publikasi Anda

Bagi Anda yang pernah membuat publikasi, misalnya buku, jurnal dan lainnya, dapat menautkan karya Anda dengan profil LinkedIn Anda agar orang lain dapat melihatnya.

Bagikan Cerita tentang Apa yang Anda Hasilkan

Anda disarankan aktif berbagi di LinkedIn. Misalnya membagikan cerita tentang apa yang dihasilkan dalam pekerjaan Anda.

Contohnya, Anda dapat berbagi tips memasak jika tengah menggeluti bidang kuliner. Anda juga bisa berbagi tips menulis jika memiliki kemampuan tersebut.

Ikuti Influencer di Bidang Anda

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti para influencer yang berhubungan dengan bidang yang Anda tekuni. Tinjau apa yang mereka lakukan. Mungkin Anda bisa menjadikannya contoh dan modifikasi dengan cara Anda sendiri.

Demikianlah ulasan tentang cara mengisi LinkedIn untuk fresh graduate, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi