Ingin Cari Kerja, Berapa Lama Seseorang Dikatakan Fresh Graduate? Ini Penjelasannya

| 23 May 2023 22:02
Ingin Cari Kerja, Berapa Lama Seseorang Dikatakan Fresh Graduate? Ini Penjelasannya
Ilustrasi fresh graduate (pexels)

ERA.id - Seorang mahasiswa disebut sebagai fresh graduate setelah lulus kuliah. Lulusan baru ini dikenal sebagai pencari kerja dengan kemampuan menarik, inovatif, dan ambisi yang kuat. Namun, berapa lama seseorang dikatakan fresh graduate?

Ini adalah hal yang penting dan dilematis sebab banyak perusahaan pencari kerja hanya menerima calon pekerja berpengalaman. Meski demikian, ada pula yang malah mencari para fresh graduate karena punya pertimbangan tersendiri. Jadi, peluang kerja fresh graduate tetaplah terbuka.

Mengenal Apa Itu Fresh Graduate

Istilah fresh graduate diberikan kepada para mahasiswa yang baru saja lulus dari kuliah. Jadi, mereka tidak lagi berstatus mahasiswa sehingga harus berjuang untuk bisa mendapatkan pekerjaan (atau mungkin merintis usaha).

Salah satu kelemahan dari fresh graduate adalah masih minim pengalamam di dunia kerja. Akibatnya, saat masuk ke dunia kerja beberapa di antara mereka hanya menempati posisi apprenticeship, internship, dan entry level.

Ilustrasi fresh graduate diterima kerja (pexels)

Sebagian besar lulusan baru belum tahu jenjang karier dan bidang yang ingin dimasuki. Mereka juga kerap dipandang sebelah mata oleh perusahaan pencari kerja, padahal beberapa di antara mereka memiliki kemampuan yang tinggi dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

Jika perusahaan yang baik menemukan fresh graduate berkualitas, hasilnya akan sangat bagus. Perusahaan mendapatkan permata yang siap digosok, sedangkan fresh graduate mendapatkan tempat kerja yang sehat dan memberikan tempat mencari pengalaman.

Berapa Lama Seseorang Dikatakan Fresh Graduate?

Secara umum, fresh graduate merupakan pencari kerja yang masih berambisi dan punya beragam ide cemerlah. Hanya saja, kadang hal tersebut tidak cocok dengan visi atau misi dari perusahaan yang dilamar.

Seperti telah disampaikan sebelumnya, pertemuan antara perusahaan berkualitas dengan fresh graduate berkualitas dapat berbuah manis. Oleh sebab itu, fresh graduate harus mengasah kemampuan dan menunjukkan yang terbaik kepada pencari kerja.

Ada keuntungan dari orang yang menyandang status fresh graduate, yaitu mendapatkan pemakluman di awal bekerja karena memang belum berpengalaman. Keuntungan juga didapatkan oleh perusahaan sebab gaji yang diberikan masih belum tinggi.

Namun, sampai kapan seseorang disebut sebagai fresh graduate? Dikutip Era.id dari situs Prospects UK, seorang fresh graduate bisa menggunakan status ini selama 1 atau 2 tahun setelah lulus kuliah.

Jika telah melewati masa tersebut, orang itu hanya akan disebut sebagai graduate. Jika Anda masih berstatus fresh graduate, manfaatkan hal tersebut secara maksimal untuk melatih diri sehingga diminati perusahaan yang baik. Setelah itu, buktikan bahwa diri Anda memang permata yang belum digosok sehingga perusahaan memberikan ruang yang baik untuk berkembang dan apresiasi yang layak.

Rekomendasi