Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Mudah

| 13 Nov 2022 08:10
Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Mudah
Ilustrasi cara menghilangkan bau kaki (unsplash)

ERA.id - Bau tidak sedap yang keluar dari kaki bisa menurunkan kepercayaan diri. Selain itu, bau kaki juga mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan cara menghilangkan bau kaki secara alami.

Salah satu pemicu kaki berbau tidak sedap adalah terlalu lama memakai sepatu (tertutup), apalagi jarang mengganti kaus kaki. Bau kaki juga bisa disebabkan oleh cara membersihkan kaki yang tidak benar.

Secara umum, gangguan dengan nama medis bromodosis ini terjadi akibat penumpukan keringat sehingga bakteri tumbuh di kulit kaki. Bakteri itulah yang memicu munculnya bau tidak sedap pada kaki. Selain kelebihan keringat, infeksi jamur juga bisa memicu bau kaki. Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah tips sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, dikutip Era dari halodoc.

Cara Menghilangkan Bau Kaki secara Sederhana

·         Rutin bersihkan kaki

Kebersihan menjadi kunci utama untuk menghilangkan bau kaki. Ketika kebersihan kaki selalu terjaga, bakteri penyebab bau kaki akan hilang atau tidak tumbuh. Lakukan tips-tips berikut ini untuk menjaga kebersihan kaki.

-      Saat mencuci kaki, gunakan sabun berbahan lembut dan scrub, minimal sekali dalam hari. Anda bisa mencuci kaki saat mandi pagi dan mandi sore. Kemudian, keringkan kaki secara baik setelah mencuci kaki. Ketika melakukannya, jangan lupa keringkan bagian sela-sela jari sebab area tersebut mudah ditumbuhi bakteri jika basah.

-      Gunting kuku kaki secara rutin hingga pendek. Selain itu, bersihkan area kuku secara teratur.

-      Hilangkan kulit mati keras yang ada di kaki menggunakan foot file. Kulit mati keras akan jadi lembek saat basah dan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

·         Sepatu dan kaus kaki tepat

Ilustrasi bau kaki karena sering menggunakan sepatu (unsplash)

Anda juga perlu memperhatikan sepatu dan kaus kaki yang Anda gunakan. Ganti kaus kaki setiap hari. Penggantian kaus kaki menjadi lebih krusial jika Anda memiliki aktivitas di lingkungan panas atau sedang berolahraga. Gunakan kaus kaki yang mampu menyerap keringat agar kaki tidak sering basah.

Hindari penggunaan sepatu ketat atau terlalu tertutup agar sirkulasi udara bisa terjaga. Ada baiknya Anda memiliki dua pasang sepatu sehingga bisa digunakan secara bergantian.

Hal ini diperlukan untuk memastikan sepatu Anda benar-benar kering (dari air maupun keringat) saat digunakan. Dalam proses pengeringannya, Anda bisa melepaskan sol sepatu agar bisa lebih cepat. Kering. Sepatu basah mendorong pertumbuhan bakteri pada kaki.

·         Gunakan Garam

Garam bisa menghilangkan bau kaki. Garam memiliki kemampuan untuk mengurangi kelembapan kaki dan melawan bakteri penyebab bau kaki. Untuk menggunakannya, masukkan garam ke baskom berisi air hangat. Setelah itu, rendam kaki selama kurang lebih 20 menit.

·         Gunakan Lemon

Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Kandungan antibakterial lemon bisa membasmi bakteri yang menyebabkan bau kaki. Cara menggunakannya, siapkan 6 buah lemon yang telah diperas. Masukkan air lemon tersebut ke baskom berisi air hangat. Rendam kaki selama kurang lebih 15 menit.

·         Gunakan Cuka

Mirip dengan lemon, cuka juga memiliki kadar asam yang terbilang tinggi. Bahan yang biasanya digunakan untuk pelengkap makanan ini bisa digunakan untuk membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Cara menggunakannya, masukkan setengah gelas cuka ke baskom berisi air. Setelah itu, rendam kaki selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara menghilangkan bau kaki tersebut, minimal satu kali dalam seminggu. 

Rekomendasi