Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk

| 28 Nov 2023 23:00
Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk
Ilustrasi pisang (Eiliv-Sonan Aceron/Unsplash)

ERA.id - Cara menyimpan pisang agar tahan lama tentunya harus kita ketahui dan dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab, saat Anda membeli pisang yang sudah matang, kerap kali buah ini tidak tahan lama. Sehingga agar tidak terlalu cepat matang dan busuk, Anda pun harus mengonsumsinya dengan segera.

Tidak hanya murah meriah dan mudah diperoleh, buah ini ternyata kaya nutrisi dan bisa Anda konsumsi setiap hari. Dengan berbagai manfaat kesehatan dan rasanya yang lezat, tentunya tidak heran jika banyak orang yang menyukai buah berwarna kuning ini.

Cara menyimpan pisang agar tahan lama dapat Anda lakukan sejak membelinya. Anda bisa membeli pisang yang masih belum matang maupun yang sudah matang. Untuk buah pisang yang sudah matang dapat Anda makan secara langsung, sedangkan yang masih belum matang dapat Anda simpan terlebih dahulu.

Ilustrasi Pisang (Luis Quintero/Pexels)

Adapun secara teknis, cara menyimpan pisang agar tahan lama dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Bungkus Batang Pisang dengan Plastik

Cara menyimpan pisang agar tahan lama yang pertama yaitu dengan membungkus batang pisang dengan plastik. Hal ini disebabkan buah pisang melepaskan gas etilen, yang bisa mempercepat proses pematangan dari batangnya.

Membungkus batang dalam plastik diyakini dapat memperlambat pelepasan etilen ini. Anda dapat membungkus batang pisang sekaligus saat berada dalam jumlah banyak atau, jika Anda hendak memperlambat pelepasan etilen lebih jauh, Anda dapat membungkus batang masing-masing buah.

Sehingga, jika Anda membeli pisang satu sisir, Anda dapat langsung membungkus batangnya sekaligus dalam satu sisir tersebut. Anda juga bisa memisahkan pisang, dan bungkus setiap batangnya satu per satu dengan plastik.

Simpan dengan Cara Digantung

Cara selanjutnya yaitu menyimpannya dengan cara digantung. Pisang akan mengeluarkan gas yang membuat buah tersebut cepat matang, tapi dengan cara seperti ini, gas tersebut tidak membuat pisang cepat matang sehingga pisang dapat awet dalam keadaan segar yang lebih lama.

Cara ini tentunya akan efektif agar bercak hitam tidak muncul dan memungkinkan oksigen mengalir di sekitar pisang, yang membuat gas etilen tidak berkumpul di sekitar buah. Anda juga dapat menggantung buah pisang dengan tali agar dapat diangin-anginkan.

Beri Jarak dengan Buah Lain

Cara menyimpan pisang agar tahan lama berikutnya yaitu dengan menjauhkannya dari buah lainnya. Setiap buah mempunyai perbedaan waktu kematangan. Agar tidak mudah matang, Anda dapat memisahkan pisang dengan buah-buahan lainnya, misalnya alpukat, pir, apel, dan tomat, yang juga memproduksi etilen.

Ketika disimpan bersama-sama, buah-buahan ini berpotensi untuk cepat matang dan cepat rusak. Sehingga, agar pisang tidak cepat busuk, Anda disarankan untuk menjauhkan penyimpanannya dari beragam buah tersebut.

Namun, jika Anda hendak mematangkan alpukat dengan cepat, Anda bisa menyimpannya ke dalam kantong kertas dengan pisang atau apel matang untuk mempercepat prosesnya.

Simpan dengan Mengirisnya

Cara menyimpan pisang agar tahan lama berikutnya yaitu dengan mengirisnya terlebih dahulu. Sebelum menyimpan irisan pisang tersebut, Anda harus tambahkan sedikit perasan jeruk lemon, air nanas, atau cuka yang dapat menjaga kesegaran pisang lebih lama.

Asam dalam jeruk berfungsi untuk memperlambat oksidasi. Selanjutnya, simpan potongan pisang di lemari es dalam wadah kedap udara untuk disajikan pada waktu selanjutnya. Hal ini akan sangat berguna jika Anda ingin menambahkan pisang dalam menu salad buah yang lezat.

Saat Sudah Matang, Masukkan ke Lemari Es

Jika Anda hendak menyimpan pisang yang sudah matang, Anda dapat menggunakan kulkas. Cara menyimpan pisang agar tahan lama satu ini bertujuan agar pisang tetap enak dimakan. Kulitnya bisa saja berubah menjadi cokelat, tetapi karena suhu dingin yang ada di kulkas, pisang di dalamnya masih terasa enak dimakan selama beberapa hari.

Demikianlah ulasan mengenai cara menyimpan pisang agar tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi