Daftar Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, Bikin Cepat Busuk dan Hilang Nutrisi

| 09 May 2023 08:25
Daftar Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, Bikin Cepat Busuk dan Hilang Nutrisi
Ilustrasi buah pepaya (Freepik/Jcomp)

ERA.id - Buah harus disimpan di tempat yang tepat agar awet dan bisa dikonsumsi untuk waktu lama. Biasanya orang-orang akan menyimpan buahnya di dalam kulkas atau lemari pendingin. Namun perlu Anda tahu bahwa ada beberapa buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. 

Kulkas memang dapat digunakan untuk menyimpan buah agar bisa segar lebih lama atau tidak mudah basi. Namun beberapa jenis buah justru tidak boleh disimpan di kulkas karena dapat menghilangkan nutrisi di dalam buah dan bisa membusuk lebih cepat. Lantas apa saja buah yang tidak boleh disimpan di kulkas?

Daftar Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Berikut ini sejumlah buah yang sebaiknya tidak Anda simpan di dalam kulkas:

Jeruk

Saat ingin menyimpan buah jeruk, sebaiknya jangan ditaruh di dalam kulkas. Ada beberapa jenis jeruk yang justru tidak boleh disimpan di kulkas, seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk limau. Jika Anda menyimpannya di lemari pendingin,  buah tersebut akan cepat mengering dan membuat kandungan air didalamnya jadi berkurang. 

Tomat

Ilustrasi buah tomat (Freepik/Jcomp)

Buah lainnya yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas adalah tomat. Buah ini akan mudah layu dan cepat membusuk apabila disimpan di dalam lemari pendingin. Sebaiknya tips menyimpan tomat adalah menaruhnya di suhu ruangan saja.

Alpukat Mentah

Alpukat mentah juga tidak boleh diletakkan di kulkas dalam beberapa hari. Mendinginkan alpukat mentah justru akan membuat buah ini jadi mudah benyek dan cepat membusuk. Sebaiknya Anda menyimpan alpukat di suhu ruangan selama 4 sampai 7 hari.

Pisang

Buah pisang sebaiknya juga tidak disimpan di dalam kulkas. Apabila Anda menaruh pisang di lemari pendingin, maka akan membuat buah ini cepat berubah warna dan matang. Pisang yang terlalu matang justru akan mudah busuk dan teksturnya bertambah lembek. 

Pepaya

Buah lain yang sebaiknya tidak ditaruh di kulkas dalam waktu lama adalah pepaya. Pepaya yang disimpan dalam suhu dingin akan membuat teksturnya jadi berubah. Jadi lebih baik letakkan pepaya di suhu ruangan saja supaya lebih tahan lama dan rasanya tidak berubah. 

Melon

Melon juga tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Apabila ditaruh di lemari pendingin, maka akan menghilangkan senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah melon. Selain itu, hal itu juga akan dapat menurunkan kandungan vitamin dalam melon.

Demikianlah beberapa buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Apabila diletakkan di suhu dingin, sejumlah buah di atas justru akan mudah membusuk dan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips buah
Rekomendasi