Cara Memilih Durian yang Matang dan Manis Tanpa Membelahnya

| 02 Dec 2023 08:00
Cara Memilih Durian yang Matang dan Manis Tanpa Membelahnya
Ilustrasi buah durian (pexels)

ERA.id - Buah durian termasuk buah yang tidak murah. Saat mau membelinya, seseorang perlu kejelian agar tidak salah memilih buah. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, pahami cara memilih durian yang matang dan manis.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memilih durian. Ketua Yayasan Durian Nusantara, Mohamad Reza Tirtawinata, membagikan tips-tips tersebut untuk masyarakat.

Cara Memilih Durian yang Matang dan Manis

1. Bagian tangkai

Durian yang jatuh dari pohon, bukan dipetik, biasanya adalah durian yang memang sudah enak. Jika sudah berada di pedagang, Anda bisa mengetahui mana durian jatuh dari pohon dengan melihat bagian tangkai durian.

Tangkai dari durian jatuh dari pohon memiliki bentuk yang tidak rata. Jika tankai tersebut tampak rata, kemungkinan buah tersebut adalah buah yang dipetuh atau dipotong.

2. Bentuk duri

Durian dengan duri lebar dan jarang biasanya punya daging buah yang cenderung kering. Sementara, durian dengan duri panjang dan rapat biasanya punya daging yang cenderung tidak kering.

3. Aroma 

Dekatkan durian ke hidung Anda dan cium aromanya. Jika aroma durian menyengat atau kuat, artinya buah tersebut telah matang. Anda bisa memilih buah tersebut. Jika aroma buah durian masih samar-samar, cari buah yang lain. 

4. Buah yang bulat

Buah durian dengan bentuk yang bulat menjadi tanda bahwa cenderung punya edible portion atau porsi daging yang lebih banyak daripada durian berbentuk lonjong. Sebaiknya Anda tidak memilih durian yang bentuknya aneh, misalnya agak bengkok.

“Kalau bentuk durian yang bulat berarti dagingnya lebih banyak. Makin panjang cenderung porsi lebih sedikit,” terang Reza, seperti dilansir Kompas.

Dia menjelaskan, durian yang bentuknya lonjong atau panjang kuitnya memakan tempat lebih banyak sehingga area untuk daging durian lebih kecil. Buah durian memiliki lima juring (ruang). Buah yang bentuknya bulat berarti juring terisi sempurna dengan daging buah.

“Kalau bentuk bulat sempurna, sudah pasti porsi daging di atas 30 persen, bahkan ada yang 40 persen. Itu contohnya durian montong,” jelas Reza.

Durian dengan bentuk tidak jelas (pexels)

5. Bagian ujung bawah durian

Anda perlu melihat bagian bawah durian, cek apakah kulit durian di bagian tersebut merekah atau terbelah meski sedikit. Hindari membeli durian  yang bagian bawahnya sudah merekah.

Buah durian yang bagian bawahnya sudah merekah menjadi tanda bahwa udara sudah masuk ke daging buah melalui celah tersebut. Udara berpengaruh terhadap rasa durian. Daging buah jadi lebih hambar atau kurang manis.

6. Ada gema saat dipukul

Gunakan pisau untuk memukul-mukul buah durian (bukan menetaknya). Buah durian dinilai sudah matang jika mengeluarkan suara gema ke dalam saat dipukul-pukul.

Sementara, buah durian yang masih mentah akan mengeluarkan bunyi yang memantul keluar. Buah yang sudah matang dagingnya empuk dan lunak sehingga bunyinya akan ke dalam.

7. Ukuran buah

Biasanya, durian kecil berbobot sekitar 1—2 kg matang lebih merata dibandingkan durian berukuran besar. Rasa daging durian berukuran kecil cenderung konsisten.

Jika Anda ingin memilih buah yang besar, carilah yang bobotnya ringan. Buah durian seperti ini biasanya punya bijij yang kecil.

Itulah beberapa cara memilih durian yang matang dan manis. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi