Cara Usir Kaki Seribu di Sekitar Rumah, Begini Langkahnya

| 05 Dec 2023 06:06
Cara Usir Kaki Seribu di Sekitar Rumah, Begini Langkahnya
Ilustrasi kaki seribu. (Foto Dok. Derek A. Hennen)

ERA.id - Kaki seribu merupakan salah satu hewan melata yang sering ditemukan di pekarangan rumah. Mereka gemar memakan sampah atau sayuran yang membusuk dan hidup di tempat yang lembab.

Hewan kaki seribu sebenarnya mempunyai rata-rata antara 80 dan 400 kaki. Setiap segmen tubuh dilengkapi dua pasang kaki tidak seperti kelabang, yang hanya mempunyai satu pasang kaki per segmen tubuh. Mereka tergolong sebagai arthropoda, yakni invertebrata dengan tubuh tersegmentasi dan pelengkap bersendi. Lantas bagaimana cara mengusir kaki seribu di sekitar rumah?

Cara Mengusir Kaki Seribu di Sekitar Rumah

Ada beberapa tips dan cara khusus yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kaki seribu. Melansir dari Hunker, simak penjelasannya di bawah ini.

Kaki Seribu (Foto: Pixabay by gnr588)

Bersihkan rumah secara rutin

Rumah yang kotor akan jadi sarang atau tempat tinggal favorit bagi kaki seribu. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin untuk membersihkan area sampah, dapur, wadah penyimpanan makanan, dan air. Dengan demikian, si kaki seribu akan mati kelaparan dan dehidrasi dengan sendirinya.

Asam borat  

Salah satu cara mengusir kaki seribu dan mencegahnya masuk ke rumah dapat dilakukan dengan menaburkan bubuk asam borat pada beberapa area rumah. Contohnya, di area basement, pekarangan, garasi, dan pintu atau jendela.

Selain itu. Anda juga bisa memanfaatkan kain lap untuk memasukkan asam borat ke dalam celah atau lubang. Saat kaki seribu merangkak melintasi asam borat, bahan ini akan menjadikan tubuhnya dehidrasi sehingga sistem pencernaannya akan terganggu.

Walaupun demikian, saat menggunakan asam borat, Anda harus perhatikan letaknya, jangan sampai terhirup oleh hewan peliharaan dan sebaiknya jangan sampai terjangkau oleh anak-anak.

Jika Anda khawatir tentang toksisitas asam borat, pakai tanah diatom sebagai pengganti asam borat. Tanah diatom tidak beracun, tapi masih bisa mengakibatkan iritasi tenggorokan dan paru-paru jika terhirup. Tanah diatom bekerja sedikit lebih lambat ketimbang asam borat, tetapi hal itu sepadan karena DE tidak membahayakan anak dan hewan peliharaan.

Bersihkan dengan vacuum cleaner

Jika Anda merasa jijik memegang kaki seribu, Anda bisa gunakan vacuum cleaner. Sedot kaki seribu dengan vacuum cleaner. Cara ini memang tidak langsung membunuh kaki seribu, tapi Anda dapat membuangnya ke tempat yang lebih aman daripada harus memegangnya.

Buat jebakan

Alternatif selanjutnya untuk membasmi kaki seribu yaitu dengan membuat jebakan sederhana. Anda tinggal letakkan sepotong buah yang sangat matang di bagian bawah botol. Tempatkan sepotong tabung dengan pas di leher botol, posisikan sehingga memanjang sekitar 2 inci. Dempul atau rekatkan tabung pada tempatnya.

Posisikan perangkap di tempat biasa Anda melihat kaki seribu. Letakkan botol di sisinya sehingga bagian luar tabung menyentuh lantai. Anda harus memastikan bagian dalam tabung tidak menyentuh bagian dalam botol. Kaki seribu diharapkan akan merangkak ke dalam perangkap untuk mengejar buah dan tidak mampu merangkak keluar kembali.

Gunakan essential oil

Kaki seribu diyakini tidak senang dengan bau pohon teh dan minyak peppermint. Untuk memanfaatkannya, masukkan beberapa tetes minyak ke dalam botol semprot yang berisi air dan semprotkan campuran tersebut ke wilayah yang kerap didatangi kaki seribu. Anda dapat melakukan hal ini secara berulang jika hari sedang hujan.

Demikianlah ulasan bagaimana cara mengusir kaki seribu di sekitar rumah. Setelah membaca informasi di atas, tentunya Anda tak perlu khawatir. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi