Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum dan Kiat Sukses Publik Speaking

| 14 Dec 2023 19:00
Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum dan Kiat Sukses Publik Speaking
Mengatasi gugup saat berbicara di depan umum (unsplash)

ERA.id - Berbicara di depan umum, entah itu dalam presentasi, seminar, briefing, atau saat menjelaskan informasi kepada kelompok, merupakan keterampilan penting yang banyak digunakan. Maka dari itu, penting mengatasi gugup saat berbicara di depan umum.

Rasa gugup adalah yang seringkali muncul sebagai tantangan dalam rumpun ilmu komunikasi, bisa menjadi hambatan dalam menyampaikan pesan dengan percaya diri dan efektif.

Artikel ini akan membahas cara mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum agar setiap individu dapat mengasah kemampuan public speaking mereka dengan lebih percaya diri.

Tips Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

  1. Pahami topik Anda

Semakin baik pemahaman Anda terhadap apa yang Anda bicarakan, maka semakin kecil kemungkinan Anda membuat kesalahan. Namun apabila Anda melenceng maka akan dapat kembali dengan cepat.

Untuk itu, luangkan waktu untuk mempertimbangkan pertanyaan apa yang mungkin diajukan oleh audiens dan siapkan jawaban Anda.

  1. Buatlah perencanaan yang baik

Sebelumnya, rencanakan semuanya dengan cermat dan kumpulkan informasi yang ingin Anda sampaikan. Semakin terorganisir, semakin sedikit rasa gugup yang akan Anda rasakan.

Gunakan garis besar pada catatan kecil agar Anda tetap berada dalam jalur. Jika memungkinkan, kunjungi tempat di mana Anda akan berbicara dan cek peralatan yang tersedia sebelum presentasi Anda.

  1. Latihan

Latih presentasi lengkap Anda beberapa kali. Lalu lakukan untuk beberapa orang yang membuat Anda nyaman dan mintalah komentar mereka. Anda juga dapat berlatih dengan beberapa orang yang tidak begitu Anda kenal.

Pertimbangkan untuk membuat video presentasi Anda sehingga Anda dapat menontonnya dan membuat beberapa perbaikan.

cobalah Latih presentasi lengkap Anda beberapa kali (unsplash)
  1. Catat kekhawatiran

Ketika takut terhadap sesuatu, Anda mungkin akan melebih-lebihkan terjadinya hal-hal buruk. Untuk itu, tulis kekhawatiran secara spesifik, kemudian tantang langsung dengan mengidentifikasi segala hasil dan alternatif.

  1. Bayangkan kesuksesan Anda

Bayangkan bahwa presentasi Anda akan berjalan dengan baik. Pikiran positif dapat membantu mengurangi sebagian dari ketidaknyamanan Anda terhadap hasil, selain dapat mengurangi kecemasan.

  1. Lakukan pernafasan yang dalam

Cara ini dapat sangat menenangkan. Ambil dua atau lebih ambil napas dalam dan lambat sebelum Anda berdiri di podium dan lakukan hal ini selama pidato.

  1. Fokus pada materi Anda, bukan pada audiens

Orang pada umumnya lebih memperhatikan apa yang ada di depannya, bukan bagaimana materi disampaikan.

Yakinlah jika audiens tidak memperhatikan kegugupan Anda. Namun jika audiens memperhatikan bahwa Anda gugup, mereka akan mendukung dan ingin presentasi Anda sukses.

  1. Jangan takut akan sejenak hening

Jika Anda kehilangan kata-kata mulai merasa gugup dan pikiran Anda kosong, mungkin terasa seolah-olah Anda telah hening selama-lamanya.

Pada kenyataannya, hal tersebut mungkin terjadi hanya beberapa detik. Bahkan jika lebih lama, kemungkinan besar audiens Anda tidak keberatan dengan jeda untuk mempertimbangkan apa yang Anda katakan. Jika mengalami hal ini, maka ambillah beberapa napas dalam dan pelan.

  1. Akui kesuksesan Anda

Setelah pidato atau presentasi Anda, beri diri Anda tepuk tangan. Jika mungkin belum sempurna, tetapi Anda jauh lebih kritis terhadap diri sendiri daripada yang dipikirkan audiens.

Kemudian evaluasi apakah ada kesalahan. Lihatlah setiap kesalahan yang Anda buat sebagai peluang untuk meningkatkan keterampilan.

Selain mengatasi gugup saat berbicara di depan umum, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi