Cara Mencairkan Saldo Multi Trip Commuter Line dan Mengakhiri Penggunaan Kartu Multi Trip

| 15 Dec 2023 07:00
Cara Mencairkan Saldo Multi Trip Commuter Line dan Mengakhiri Penggunaan Kartu Multi Trip
Cara Redeem Kartu Multi Trip (unsplash)

ERA.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan mekanisme redeem yang memungkinkan penarikan seluruh saldo yang tersimpan di Kartu Multi Trip (KMT) Anda. Bagaimana cara mencairkan saldo multi trip commuter line?

Perlu diketahui, mekanisme redeem sejalan dengan Peraturan Bank Indonesia nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik, yang mengatur pengakhiran penggunaan uang elektronik.

Melalui artikel ini akan dibahas secara rinci cara-cara mencairkan saldo Multi Trip Commuter Line agar Anda dapat memanfaatkannya secara optimal.

Cara Mencairkan Saldo Multi Trip Commuter Line

PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) mengonfirmasi bahwa penggunaan Kartu Multi Trip MRT akan mencapai batas akhirnya pada 31 Oktober 2024 mendatang. Pemberitahuan ini disampaikan melalui laman Instagram @mrtjkt, dimana mulai 1 Januari 2024, kartu tersebut tidak akan lagi dijual.

Namun meskipun penjualan Kartu Multi Trip MRT berhenti pada Januari 2024, pengguna yang masih memiliki kartu tersebut dapat melakukan top-up di loket atau mesin penjualan tiket (TVM) di semua stasiun hingga Oktober 2024.

PT MRT Jakarta sendiri menyatakan bahwa penumpang masih bisa melakukan transaksi tap-in tap-out selama periode tersebut.

Meski demikian, PT MRT Jakarta memberikan layanan bagi pengguna Kartu Multi Trip MRT yang ingin mencairkan saldo kartu mereka.

Proses pengembalian saldo dapat dilakukan dengan mengunjungi loket MRT Jakarta. "Bagi penumpang yang ingin mengambil saldo Kartu Multi Trip mereka dalam bentuk uang tunai, mereka dapat datang ke loket untuk melakukan pengembalian sesuai dengan nominal saldo yang terdapat pada kartu tersebut," ungkap PT MRT.

Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana dapat ditemukan di laman resmi Jakarta MRT, yang menjelaskan bahwa refund merupakan prosedur untuk mengajukan pengembalian dana atas transaksi yang dilakukan melalui MRTJ Apps melalui saluran pembayaran yang telah terdaftar.

Cara Redeem Kartu Multi Trip (unsplash)

Cara Redeem Kartu Multi Trip

Dilansir dari laman commuterline, proses Redeem Kartu Multi Trip merupakan langkah penutupan penggunaan kartu dan pengembalian seluruh nilai saldo yang masih ada di kartu saat pemegang kartu memutuskan untuk mengakhiri penggunaan Kartu Multi Trip.

Untuk melakukan Redeem, pemegang kartu dapat mengajukannya tanpa dikenakan biaya administrasi, dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mengajukan Redeem kartu ke stasiun terdekat, mengisi formulir permohonan, dan menyerahkan kartu kepada petugas.
  2. Petugas akan melakukan proses validasi data saldo yang tersedia.
  3. Proses Redeem saldo pada Kartu Multi Trip akan selesai dalam waktu maksimal 14 (empat belas) hari kerja.
  4. Pemegang kartu kembali ke stasiun tempat pengajuan permohonan Redeem dengan membawa salinan formulir untuk menerima uang sejumlah nilai saldo pada Kartu Multi Trip yang telah berhasil di-Redeem.
  5. Petugas akan merusak kartu dan mengembalikannya kepada pemegang kartu sebagai tanda penyelesaian proses Redeem.

Selain cara mencairkan saldo multi trip commuter line, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi