Mulai Beroperasi, Ini Jadwal dan Harga Tiket KRL Commuterline Jogja-Solo

| 10 Feb 2021 22:37
Mulai Beroperasi, Ini Jadwal dan Harga Tiket KRL Commuterline Jogja-Solo
KRL Jogja-Solo (Dok. PT KCI)

ERA.id - Kereta Rel Listrik (KRL) rute Jogja-Solo mulai beroperasi hari ini, Rabu (10/2/2021). KRL yang menggantikan kereta api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) ini, melayani 20 kali perjalanan per hari.

Vice President (VP) Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (PT KCI) Anne Purba mengatakan KRL mulai beroperasi penuh dan bertepatan dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021. Tercatat sejak beroperasi hingga pukul 15.00 WIB, jumlah pengguna KRL sudah mencapai 2.057 penumpang.

KRL Jogja-Solo (Amalia Putri/era.id)

”Masyarakat terlihat antusias menggunakan KRL ini di hari pertama beroperasi,” katanya.

Untuk jadwal pemberangkatan KRL dimulai pukul 05.05 WIB dan jadwal terakhir yakni pukul 19.10 WIB. Jadwal pemberangkatan ini sama baik berangkat dari Stasiun Balapan  Solo maupun dari Stasiun Yogyakarta.

Pengoperasian KRL ini menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Dalam satu kali angkut KAI Commuter membatasi kapasitas hanya untuk 74 orang saja.

KRL Jogja-Solo (Dok. PT KCI)

Untuk pembayarannya, KRL menggunakan tiket dalam bentuk Kartu Multi Trip (KMT). Penumpang wajib memiliki tiket ini.

”Tarifnya sama dengan Prameks, flat Rp 8 ribu. Kalau menggunakan kartu ini ada saldo minimumnya, saldo minimum juga Ro 8 ribu,” ucapnya.

Sejumlah tata tertib dan aturan sudah ditempel di dalam gerbong dan pintu kereta serta di sejumlah titik stasiun. ”Tapi yang paling penting yakni aturan jaga jarak,” katanya.

Rekomendasi