Kiat Belanja Aman Pakai Kartu Kredit, Baik Online dan Offline

| 14 Dec 2023 21:45
Kiat Belanja Aman Pakai Kartu Kredit, Baik Online dan Offline
Ilustrasi transaksi menggunakan kartu krediit (Dok Istimewa)

ERA.id - Pengguna kartu kredit kerap mendapat imbauan agar bertransaksi dengan aman. Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia mengatakan, pihaknya berkomitmen terhadap keamanan dan keandalan.

"Kami juga berkomitmen memantau ancaman di jaringan kami selama 24 jam sehari, bahkan pada masa-masa tersibuk sepanjang tahun. Konsumen bisa merasa tenang di musim liburan karena tim ahli Visa bekerja sepanjang waktu untuk mencegah penipuan," katanya.

Berikut, beberapa hal yang dapat membantu konsumen dalam berbelanja di musim liburan agar tetap aman, baik secara fisik maupun online.

1. Periksa Kembali Reputasi dan Keaslian Toko

Pilihlah toko tepercaya dan yang sudah Anda kenal dengan baik. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli dari toko di mana Anda belum pernah bertransaksi, lakukan riset untuk memeriksa reputasi dan keasliannya.

2. Amankan Informasi Pribadi Anda

Pastikan situs web menggunakan teknologi yang aman. Saat melakukan checkout, alamat situs web harus dimulai dengan 'https://'. Huruf 's' adalah singkatan dari secure yang berarti data Anda dienkripsi dan dikirim melalui koneksi yang aman.

3. Hindari Wi-Fi Publik untuk Berbelanja

Jaringan Wi-Fi publik sering kali tidak aman, sehingga memudahkan para peretas untuk mencuri informasi Anda. Selalu gunakan koneksi internet pribadi yang aman saat Anda melakukan pembelian.

4. Waspadai Penawaran yang Terlalu Menarik

Penawaran yang terdapat di situs web atau masuk ke email sering kali terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, terutama ketika harganya sangat rendah untuk barang-barang yang sulit didapat. Konsumen harus curiga dengan penawaran semacam itu.

Di Visa, keamanan dan keandalan merupakan prioritas utama sepanjang tahun. Dalam periode lima tahun, perusahaan telah menginvestasikan lebih dari US$10 miliar untuk teknologi, termasuk untuk mengurangi penipuan dan meningkatkan keamanan jaringan. Lebih dari seribu spesialis berdedikasi melindungi jaringan Visa dari malware, serangan zero-day, dan ancaman orang dalam setiap hari dan sepanjang tahun. Hasilnya, dalam enam bulan pertama tahun 2023, Visa secara proaktif telah membantu memblokir penipuan senilai US$30 miliar, sehingga membantu banyak orang yang bahkan tidak mengetahui bahwa mereka telah terekspos pada transaksi penipuan. Konsumen perlu untuk tetap waspada selama musim liburan ini, dengan mempertimbangkan di mana mereka berbelanja dan kepada siapa mereka berbagi informasi agar tetap aman.

Rekomendasi