Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi, Penting Diketahui Para Orangtua

| 14 Jan 2024 19:05
Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi, Penting Diketahui Para Orangtua
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.idBayi mengalami perkembangan pikiran dan perasaannya mulai sejak dalam kandungan Ibu. Perkembangan ini akan terus berlanjut sesuai dengan usianya. Meskipun kesadaran pada bayi belum di tahap mampu mengendalikan secara penuh, namun bayi dapat melakukan respon terhadap perasanya. Begitu pula pada usia bayi memang tampaknya masih belum banyak memahami hal-hal, namun bayi yang diberi rangsangan akan lebih cepat berkembang. Seperti ketika membacakan buku untuk bayi, terdapat beberapa manfaat membacakan buku untuk bayi secara positif.

Terutama untuk bayi yang sudah mulai bergumam dan mengeluarkan satu demi satu patah kata, artinya bayi sudah mulai pula mampu untuk menirukan suara-suara yang ada di sekitarnya.

Bayi yang dibacakan buku dengan rasa gembira dan suka cita juga akan mengajarkan anak untuk mengenali rasa gembira dan mengasosiasikan buku dengan kebahagiaan sehingga akan lebih mudah menyadarkan anak untuk mengenali buku dengan baik.

Seperti yang dilansir Kods Health, bayi yang sering mendengar kata-kata dapat membantu kekayaan kata di otak bayi. Anak-anak yang dibacakan cerita atau diperkenalkan dengan buku selama tahun-tahun awal juga lebih cenderung dapat membaca pada waktu yang tepat.

Sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan American Academy of Oediatrics (AAP) tentang pentingnya membacakan buku untuk bayi sejak lahir, penelitian ini menujukkan bahwa anak-anak yang dibacakan buku akan memiliki kosakata yang lebih banyak serta keterampilan matematika yang lebih maju daripada anak-anak lain seusia mereka yang tidak diberi perlakukan seperti demikian.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Development & Behavioral Pediatrics pada tahun 2019 juga menemukan bahwa anak-anak yang membaca setiap hari dapat menambah sekitar 78.000 kata setiap tahun. Dalam waktu lebih dari lima tahun, anak dapat memiliki kosakata hingga 1,4 juta kata.

Ilustrasi (Pixabay)

Adapun manfaat membacakan buku untuk bayi adalah:

Menambah Kosakata

Bayi yang mendegar suara dari kata demi kata pada buku akan memberikan data suara sehingga akan lebih mudah mengenali kata secara langsung melalui suara. Bertambahnya kosakata anak juga dapat membantu anak untuk memahami maksud kata dan kalimat lebih cepat dan menyerap informasi dengan lebih mudah.

Meningkatkan Keterampilan Berpikir

Saat bayi dibacakan buku, rangsangan berpikir akan membantu untuk mengembangkan keterampilan berpikirnya. Stimulasi ini akan mendorong anak untuk mudah dalam berpikir dan memahami maksud. Lebih dari itu, anak akan lebih aktif dalam menanggapi dan merespon maksud.

Mendorong Keterampilan Berbicara

Pembacaan buku yang dilakukan untuk bayi akan menjadikan data dengar anak menjadi lebih banyak, hal ini yang mendorong bayi untuk mengikuti suara-suara yang didengar ketika membacakan buku sehingga keterampilan berbicara juga lebih cepat berkembang.

Mengasah Keterampilan Mendengarkan

Terbiasanya bayi mendengar kata demi kata ketika dibacakan buku akan menjadikan bayi terbiasa mendengar sejak awal. Hal ini akan mengasah keterampilan anak untuk mendengar dengan baik dan tekun.

Memperluas Imajinasi

Buku terutama buku cerita bergambar dan berwarna untuk bayi dapat menjadi dunia baru. Cerita bergambar ini dapat membantu menumbuhkan karakter dan alur cerita sehingga imajinasi anak juga berkembang secara luas.

Melatih Konsentrasi

Bayi akan mulai terlatih untuk fokus ketika dibacakan buku atau cerita, hal ini nantinya dapat melatih pula konsentrasi pada anak.

Nah, membacakan buku untuk bayi selain dapat membantu perkembangan kognitif, juga dapat mengajarkan anak mengenai keterampilan bahasa, sosial, emosional, dan literasi sejak awal sehingga nantinya anak dapat memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal secara baik.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi