Tanda Kulkas Kurang Freon yang Harus Anda Perhatikan

| 10 Jan 2024 08:10
Tanda Kulkas Kurang Freon yang Harus Anda Perhatikan
Tanda kulkas kurang freon (unsplash)

ERA.idKulkas modern umumnya menggunakan freon sebagai salah satu komponennya untuk menjaga suhu. Maka dari itu, Anda harus tahu beberapa tanda kulkas kurang freon.

Meskipun pendinginan freon dirancang sebagai sistem tertutup, terkadang kebocoran dapat terjadi. Ini bukan hanya dapat mengganggu kesegaran makanan, tetapi juga berpotensi berdampak negatif pada kesehatan kita. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tanda kulkas Anda kekurangan freon.

Tanda Kulkas Kurang Freon

  1. Motor Berjalan Terus-Menerus

Saat suhu dalam kulkas meningkat, kompresor dan kondensor berfungsi menggunakan freon untuk menurunkan suhu kembali ke level yang diinginkan. Namun ketika terjadi kebocoran freon, motor akan dipaksa untuk beroperasi lebih lama.

Motor yang terus berjalan menempatkan motor di bawah tekanan berlebih, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kerusakan yang lebih besar.

  1. Tagihan Listrik Meningkat

Mungkin sebagian besar dari konsumen sadar juga tagihan listrik akan lebih tinggi di saat musim panas dan musim dingin ketika akan memanaskan atau mendinginkan rumah, tetapi peningkatan tagihan yang tidak musiman adalah tanda adanya masalah.

Seperti yang disebutkan di atas, kebocoran freon membuat motor kulkas Anda beroperasi dalam periode waktu yang lebih lama. Saat kulkas Anda bekerja lebih keras, maka hal itu akan menggunakan energi yang lebih besar dan memaksa peningkatan konsumsi listrik.

Untuk itu, jika Anda melihat bahwa tagihan listrik Anda mulai melonjak tanpa alasan yang jelas, maka segera periksa apakah ada kekurangan atau kerusakan pada peralatan di rumah Anda.

  1. Bau Aneh

Freon dan jenis refrigeran lainnya mengeluarkan bau yang hampir seperti aroma jamur, yang akan tercium terutama jika kulkas Anda berada di ruang tertutup, seperti garasi Anda.

Insting pertama Anda mungkin menganggap bahwa ada sesuatu yang rusak di dalam kulkas Anda, tetapi jika Anda tidak dapat melacak sumber bau aneh, jangan abaikan dan periksa kebocoran freon. Meskipun Anda mungkin tidak familiar dengan bau freon, bau aneh yang seperti jamur tersebut sebenarnya bisa menjadi indikasi dari kebocoran.

Pastikan tidak ada bau aneh dalam kulkas (unsplash)
  1. Bunga Es

Anda akan melihat bunga es yang membentuk blok es besar terus terbentuk di sudut bagian kulkas. Ini disertai dengan penumpukan es berlebihan di bagian freezer, bahkan sampai sulit untuk membuka pintu freezer.

  1. Suara Klik-Klik

Saat Anda mulai mendengar suara klik-klik, ini adalah pertanda darurat bagi kulkas Anda. Waktunya untuk mengisi ulang gas kulkas.

  1. Tidak Dapat Membekukan Air

Ini adalah tahap sebelum kulkas benar-benar mati. Kulkas tidak akan dapat  membuat es lagi. Anda akan melihat bagian belakang kulkas masih berkeringat dan air terus menetes.

  1. Penumpukan Es yang Berlebihan dan Suara bising

Tanda kulkas kekurangan freon berikutnya adalah apabila bau apek semakin meningkat, dan bagian freezer terombang-ambing oleh es. Semua ruang diisi dengan es, bahkan rak-rak dalam kulkas sudah beku dan sulit dibuka.

Pada tahap ini, kulkas Anda hampir mati dan mengeluarkan suara yang sangat bising dan tidak berfungsi untuk waktu yang lama. Bahkan semua makanan beku menjadi lembek.

Selain tanda kulkas kurang freon, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi