Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Adopsi Kucing Liar, Cat Lovers Wajib Tahu

| 21 Feb 2024 15:30
Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Adopsi Kucing Liar, Cat Lovers Wajib Tahu
Kucing liar Eropa. (Wikimedia Commons/Michael Gäbler)

ERA.id - Seperti halnya dengan kucing peliharaan, kucing liar berhak menerima kehidupan yang layak dan kasih sayang yang baik dari manusia. Itulah banyak penyuka kucing yang menjadikan kucing liar sebagai teman bagi mereka, bahkan kucing liar yang ditemui juga diambil untuk kemudian dirawat secara baik. Beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum adopsi kucing liar akan dibahas di bawah ini.

Banyak pecinta kucing yang gemar melakukan stray feeding atau memberi makan kucing liar yang ditemui di jalanan. Perbuatan yang baik ini dapat menyejahterakan kucing liar. Ketika stray feeding biasanya para penyuka kucing akan memiliki koneksi khusus dengan kucing-kucing yang ditemui dan menjadi salah satu alasan untuk mengadopsi kucing liar tersebut.

Ilustrasi kucing liar. (Foto: bogdanf/Unsplash)

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Adopsi Kucing Liar

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengadopsi kucing liar, yaitu:

Segera Bawa ke Dokter Hewan

Kucing liar yang sudah lama hidup di jalanan sangat riskan terpapar berbagai virus dan penyakit. Meskipun secara fisik terlihat sehat dan kuat, sebaiknya tetap bawa kucing liar yang ingin diadopsi ke dokter hewan untuk diperiksa secara menyeluruh.

Penyakit umum yang biasa menjangkit kucing liar adalah cacingan, infeksi kutu, infeksi jamur, serta malnutrisi.

Berikan Obat Kutu dan Obat Cacing

Infeksi kutu dapat menulari manusia dan kucing lainnya di rumah. Maka hal pertama yang harus dilakukan saat mengadopsi kucing liar adalah memberikan obat kutu terlebih dahulu.

Obat kutu pil maupun obat kutu suntik memiliki fungsi yang sama untuk menghilangkan kutu. Berikan obat kutu kepada kucing setiap 6 bulan sekali dan pasangkan kalung kutu di lehernya agar kulit dan bulu bebas kutu.

Begitu juga dengan pemberian obat cacing, lakukan setiap 6 bulan sekali. Langkah ini diterapkan untuk menjaga pencernaan kucing tetap sehat dan tidak mengeluarkan cacing dari fesesnya.

Mempersiapkan Tempat Kucing

Kucing liar yang diadopsi harus dipisahkan terlebih dulu dengan kucing-kucing yang sudah ada di rumah untuk menghindari perkelahian. Berikan waktu cukup untuk saling berkenalan. Oleh karena itu, siapkah tempat khusus yang terpisah dari kucing-kucing yang sudah ada sebelumnya. Jika perlu tambahkan penghalang agar kucing liar tidak mudah ke luar rumah.

Mempersiapkan Kebutuhan Kucing

Prioritas utama untuk kucing liar adalah kotak pasir dan makanan. Kucing yang sudah lama hidup di jalanan tentu saja membuang kotorannya pada banyak tempat sehingga ketika sudah di rumah maka toilet trainning perlu dilakukan agar kucing liar menjadi terbiasa untuk membuang kotoran di kotak pasir atau toilet secara konsisten.

Mempersiapkan Makanan Kucing

Kucing liar tentu saja sering memakan makanan sisa atau kotor yang ditemui ketika lapar. Ketika diadopsi maka terdapat adaptasi sehingga makanan yang lebih cocok bagi kucing tersebut dapat dicoba-coba terlebih dulu.

Beberapa hal tersebut dapat dipersiapkan terlebih dulu sebelum mengadopsi kucing liar sehingga kenyamanan kucing dapat ditata dengan baik. Kucing yang sudah dipelihara pun menjadi sehat, betah dan sejahtera.

Nah, demikianlah langkah-langkah yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mengadopsi kucing liar. Dengan demikian, Anda akan semakin siap untuk menerima dan menjadikan mereka sebagai anggota baru. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi