Kehabisan Bensin di Jalan Tol? Ini yang Harus Dilakukan

| 04 Apr 2024 03:00
Kehabisan Bensin di Jalan Tol? Ini yang Harus Dilakukan
Ilustrasi jalan tol (Dok. Antara)

ERA.id - Keberadaan jalan tol tentunya akan mempermudah perjalanan Anda dengan nyaman dan lancar, meskipun ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain harus mencukupi saldo e-toll, Anda juga harus memastikan bahan bakar tercukupi sebab jarak antar SPBU terkadang cukup jauh. Anda wajib isi BBM sebelum pintu tol agar tidak kehabisan bensin di jalan tol. Namun jika mengalami situasi kehabisan bensin di jalan tol, Anda dapat melakukan hal berikut.

Manfaatkan BBM Mobile dari Pertamina

Untuk membantu kendaraan yang kehabisan BBM di tengah jalan, PT Pertamina menyediakan layanan BBM Mobile atau motoris. Motoris akan bekerja dengan langsung datang ke tempat saat ada kendaraan yang kehabisan bensin.

Tentunya layanan motoris Pertamina ini sangat bermanfaat bagi pengendara yang sedang mengalami masalah kehabisan bensin di jalan tol. Saat mudik lebaran, layanan ini tentunya sangat dibutuhkan. Selama arus mudik dan arus balik, pertamina akan mempersiapkan ratusan unit motoris. Layanan ini bisa Anda dapatkan di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera.

Nah, jika Anda kehabisan bensin di jalan tol, Anda bisa hubungi layanan motoris untuk menerima suplai BBM. Hubungi call center 135 dan share lokasi Anda berhenti. Hanya dengan menunggu, maka motoris akan datang dengan bahan bakar sesuai dengan permintaan Anda.

Selama 24 jam, personel BBM Mobile akan standby di SPBU rest area. Layanan ini juga memberikan delivery service untuk seluruh jenis BBM. Personel motoris akan bekerja dengan kendaraan yang dilengkapi dengan pengangkut jeriken hingga kapasitas 60 liter.

Ilustrasi. (Dok. Pertamina)

Isi Bensin di Rest Area

Tips berikutnya untuk mengatasi kehabisan bensin di jalan tol yaitu dengan mengisi BBM di rest area. Hal yang harus Anda sadari adalah, jika bahan bakar mobil mendekati habis, ada tanda yang dapat dilihat oleh pengendara. Jika lampu indikator bensin menyala atau sudah di posisi E, berarti bensin tinggal 3-5 liter.

Dengan demikian, jika mobil Anda memperlihatkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera cari SPBU terdekat untuk mengisi bensin. Semua rest area sudah dilengkapi dengan SPBU, termasuk rest area tipe B. Pihak Pertamina juga sudah menyediakan Pertashop di rest area yang tidak ada SPBU.

Meminta bantuan warga sekitar lokasi tol

Jika Anda kehabisan bensin di lokasi yang dekat dengan perkampungan warga, maka Anda cukup beruntung. Biasanya memang ada titik-titik tol yang dekat dengan jalan umum, persawahan, ataupun pemukiman.

Anda bisa meninggalkan kendaran Anda sejenak, dan mendatangi warga yang bisa ditemui di dekat pembatas jalur tol. Jangan lupa kunci kendaraan saat meninggalkan mobil agar barang bawaan Anda aman. Minta kepada orang yang ditemui untuk membelikan Anda bensin. Jangan lupa sediakan upah atas jasa yang sudah diberikan oleh orang tersebut.

Itulah tips yang harus dilakukan jika Anda kehabisan bensin di jalan tol. Walaupun ada beberapa cara untuk mengatasinya, lebih baik Anda menyediakan bahan bakar yang cukup sebelum berangkat agar tidak kehabisan bensin saat di jalan tol.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi