Perbedaan Wig Rambut Asli dan Sintetis, Mulai dari Harga hingga Parawatannya

| 20 Apr 2024 14:10
Perbedaan Wig Rambut Asli dan Sintetis, Mulai dari Harga hingga Parawatannya
Perbedaan wig rambut asli dan sintetis (Unsplash)

ERA.id - Rambut palsu atau wig menjadi pilihan bagi sebagian orang yang mendambakan mode tertentu, terlebih bagi para pejuang kanker.

Namun tidak banyak yang tahu jika wig terdapat yang asli maupun buatan. Lantas, apa perbedaan wig rambut asli dan sintetis?

Artikel ini akan membahas mengenai wig rambut asli dan sintetis dan beberapa fakta menarik dibaliknya.

Perbedaan wig rambut asli dan sintetis

DIlansir dari Bravadas Wigs & Hair Restoration, berikut ini beberapa hal penting mengenai wig rambut asli dan sintetis:

1. Kebebasan menata rambut rambut

Wig rambut asli menawarkan kebebasan penataan sama seperti rambut asli. Anda bisa mengeriting, meluruskan, atau mewarnai wig rambut asli sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Selain itu, alat styling rambut seperti catokan dan pelurus rambut bisa digunakan pada wig rambut asli tanpa menyebabkan kerusakan. Sebaliknya, wig rambut sintetis lebih sensitif terhadap panas dan bisa rusak atau kehilangan bentuk aslinya jika terkena suhu tinggi.

Wig rambut sintetis biasa sudah ditata sebelumnya, sehingga sulit untuk diubah penampilannya secara drastis. Namun, beberapa orang menganggap hal ini sebagai keuntungan, terutama jika mereka tidak suka menata rambut mereka sendiri.

2. Umur pemakaian

Wig rambut asli cenderung lebih awet dan memiliki umur pemakaian lebih lama dibandingkan wig sintetis. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, wig rambut asli berkualitas tinggi bisa bertahan selama beberapa tahun.

Meskipun demikian, pemakaian wig rambut asli yang lebih sering akan membuatnya lebih cepat rusak. Di sisi lain, wig sintetis biasanya memiliki umur pemakaian yang lebih pendek mulai dari beberapa bulan hingga satu tahun (tergantung pada penggunaan dan perawatan).

Selain itu, serat sintetis juga akan rentan terhadap kusut dan mengembang seiring berjalannya waktu. Hal tersebut yang dapat mempengaruhi keseluruhan tampilan dan nuansa wig.

3. Harga

Wig rambut asli umumnya lebih mahal daripada wig sintetis. Harga wig rambut asli juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas, panjang, dan asal rambut.

Sebaliknya, wig sintetis lebih ramah kantong dan menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari solusi rambut sementara atau ingin bereksperimen dengan gaya yang berbeda.

Perbedaan harga yang lumayan tinggi membuat beberapa orang lebih memilih membeli wig sintetis dua hingga tiga kali dalam setahun, daripada mengeluarkan biaya lebih banyak untuk rambut asli.

Wig rambut asli memiliki harga yang lebih mahal (unsplash)

4. Tampilan

Wig rambut asli terkenal dengan penampilan naturalnya. Gerakan, kilau, dan tekstur rambut asli menghasilkan tampilan yang lebih realistis, sehingga sulit bagi orang lain untuk membedakan wig dari rambut alami.

Selain itu, wig rambut asli memiliki kualitas yang lebih baik dan  selalu terlihat lebih natural daripada yang sintetis. Meskipun demikian, penampilan wig sintetis telah meningkat selama bertahun-tahun.

Meskipun mungkin masih kurang realistis dibandingkan wig rambut asli (terutama jika dilihat dari dekat) wig sintetis berkualitas tinggi tetap bisa terlihat sangat meyakinkan.

5. Perawatan

Baik wig rambut asli maupun sintetis membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga kualitas dan ketahanannya. Wig rambut asli perlu dicuci, dibilas, dan ditata secara teratur agar mirip dengan rambut alami.

Sementara itu, wig sintetis lebih mudah dirawat karena mempertahankan gayanya bahkan setelah dicuci. Namun, wig sintetis dapat dengan mudah rusak jika teknik penataan yang salah.

Selain perbedaan wig rambut asli dan sintetis, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi