Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda yang Tepat

| 28 May 2024 22:27
Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda yang Tepat
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

ERA.id - Untuk menjamin kualitas hidup yang baik di masa tua, tentunya setiap orang harus menyiapkan dana pensiun sejak muda. Bagi Anda yang ingin memiliki masa pensiun lebih sejahtera, tentunya harus memiliki persiapan dana pensiun yang matang dan terencana. Lantas apa saja langkah mempersiapkan dana pensiun sejak muda?

Nah, di bawah ini adalah tujuh cara atau langkah mempersiapkan dana pensiun yang bisa Anda lakukan, mengutip situs resmi Financial:

Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda

Investasi mengikuti life cycle

Berinvestasi pada dana darurat tentunya butuh mempertimbangkan life cycle atau siklus hidup. Investasi ini dilakukan dengan melihat usia dari investor dan pemahaman dari investor tersebut. Investor yang masih muda dan juga seorang risk taker, pada umumnya akan diarahkan untuk berinvestasi di tempat yang agresif.

Hal tersebut tentunya memberikan keuntungan sebab investasi tersebut berpotensi memberikan imbal hasil (return) yang tinggi. Jika usia sudah bertambah, contohnya mendekati 10 tahun ke masa pensiun. Investasi dapat berubah ke obligasi ataupun reksa dana, sebab kedua investasi tersebut mempunyai risiko yang moderat.

Ketika usia pensiun sudah mendekati 5 tahun, investasi dapat berubah ke investasi dengan tingkat risiko rendah atau investasi yang lebih konservatif. Dengan mengikuti life cycle ini, anak muda akan lebih mudah memilih investasi yang tepat untuk masa pensiun dan juga dalam memberikan strategi dalam investasi dana pensiun.

Langkah mempersiapkan dana pensiun sejak muda. (freepik)

Tentukan target dana pensiun

Anda dapat menghitung kebutuhan dana pensiun dengan mempertimbangkan inflasi, gaya hidup yang dikehendaki, dan estimasi biaya hidup di masa yang akan datang. Dengan menentukan target, Anda dapat merencanakan strategi penabungan dan investasi yang lebih jelas arahnya.

Menabung dan Berinvestasi Sedini Mungkin

Anda dapat mulai untuk menabung dan berinvestasi sejak muda. Semakin cepat Anda memulai, semakin kecil beban yang harus Anda tanggung di hari tua. Sebaiknya tentukan instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Instrumen investasi tersebut dapat berupa deposito, saham, reksa dana, atau obligasi.

Hidup Hemat dan Kelola Keuangan dengan Tepat

Hidup dengan hemat dan bijak dalam memanajemen keuangan dapat membantu Anda mengalokasikan lebih banyak dana untuk tabungan dan investasi pensiun. Hendaknya batasi pengeluaran yang kurang penting dan prioritaskan alokasi anggaran untuk kebutuhan di waktu yang akan datang.

Diversifikasi Investasi

Sebaiknya Anda jangan taruh semua dana dalam satu jenis investasi. Diversifikasi portofolio investasi dapat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi pengembalian investasi Anda. Pertimbangkan kombinasi dari instrumen investasi berisiko rendah, menengah, dan tinggi.

Manfaatkan Program Pensiun

Anda dapat memanfaatkan program pensiun yang disediakan oleh pemerintah atau perusahaan tempat Anda bekerja, misalnya BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia. Program ini dapat Anda jadikan dasar atau tambahan dana pensiun pribadi Anda.

Sediakan Dana Darurat

Untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga, Anda harus menyediakan dana darurat tanpa harus mengganggu dana pensiun yang sudah Anda alokasikan. Dalam standar ideal, dana darurat mencakup biaya hidup selama 6-12 bulan.

Konsultasi dengan Perencana Keuangan

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan profesional agar diberikan saran dan strategi investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda, salah satunya penyiapan dana pensiun.

Dengan mengawali persiapan dana pensiun sejak dini dan menjalani strategi yang tepat, Anda bisa menikmati masa pensiun dengan lebih tenang dan nyaman. Hal yang perlu Anda ingat, kunci dari perencanaan pensiun yang berhasil yaitu konsistensi dan disiplin dalam menabung dan berinvestasi.

Memastikan kesejahteraan finansial di masa tua tentu membutuhkan perencanaan yang matang, termasuk dalam hal kesehatan dan keselamatan diri.

Itulah beberapa langkah mempersiapkan dana pensiun sejak muda yang dapat dilakukan. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi