Pilihan Keramik yang Cocok untuk Lantai Dapur, Kenali Jenis-jenisnya

| 20 Jun 2024 18:00
Pilihan Keramik yang Cocok untuk Lantai Dapur, Kenali Jenis-jenisnya
Ilustrasi (Pexels/Max Vakhtbovych)

ERA.id - Lantai adalah salah satu bagian penting dari interior rumah yang menambah nilai estetika. Ketika memilih jenis keramik yang akan digunakan sebagai lantai dapur, tentunya harus dipilih yang memiliki daya tahan kuat dan mudah dibersihkan. Lantas apa saja jenis keramik yang cocok untuk lantai dapur? Simak ulasan di bawah ini yang membahas beberapa keramik lantai dapur yang anti licin, awet dan mudah untuk dibersihkan dari semua noda.

Jenis Keramik yang Cocok untuk Lantai Dapur

Hal yang penting untuk kita pahami, bahwa dapur merupakan area yang rentan terhadap risiko, misalnya terpeleset, lantai dipenuhi tumpahan minyak, terpapar panas kompor, dan lainnya.

Dengan demikian, Anda perlu memahami berbagai opsi keramik terbaik yang dapat digunakan di dapur. Di bawah ini adalah beberapa jenis keramik yang direkomendasikan, melansir laman resmi Muliaceramics.com:

Ilustrasi (Pixabay)

Keramik dapur motif terakota

Tipe keramik motif terakota dapat menghadirkan nuansa yang hangat dan sensasi yang nyaman saat diinjak. Adapun tampilan keramik ini berwarna jingga sehingga akan memunculkan kesan alami pada ruangan.

Keramik motif terakota ini berbahan dasar tanah liat yang diolah secara konvensional, dan diproduksi dalam bermacam-macam bentuk, seperti contoh persegi, segi lima, serta segi enam.

Dengan harga yang terjangkau, keramik ini juga memiliki kelebihan anti licin dan tahan terhadap kelembapan, sehingga dapat digunakan di area dapur dan ruang terbuka lainnya di rumah Anda.

Material terakota juga dapat digunakan untuk membuat patung. Itulah mengapa keramik lantai motif terakota cukup banyak diminati untuk kebutuhan kesenian.

Keramik Dapur Motif Kayu Parket

Jenis keramik lainnya adalah keramik motif kayu parket. Selain tidak licin, keramik motif kayu parket juga dapat menambah keindahan desain dapur Anda. Motif keramik ini terbuat dari kayu solid sepenuhnya, yang sudah melalui tahap-tahap pemadatan.

Penyusunan material tersebut menghadirkan tampilan yang rapi, sehingga bahan kayunya mempunyai kemampuan untuk menjaga suhu dalam ruangan dengan baik.

Seperti halnya keramik motif teraso, harga keramik motif kayu parket juga tergolong kategori mahal. Tipe ini juga memerlukan perawatan tambahan untuk mencegah kerusakan pada bahan kayunya.

Keramik Dapur Motif Vinyl

Bagi Anda yang gemar konsep interior yang mengusung nuansa kayu, motif vinyl dapat menjadi alternatif dalam menentukan material lantai dapur yang tidak licin.

Lantai vinyl ini meniru tampilan serat kayu dan berwarna cokelat. Selain mempunyai sifat anti licin, vinyl juga mempunyai daya tahan terhadap air yang menjadikannya cocok dimanfaatkan sebagai lantai dapur.

Pemeliharaan keramik jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus, Anda cukup dengan membersihkannya seperti lantai pada umumnya.

Dengan harga yang lumayan terjangkau, motif ini juga dapat menambah kesan mewah dan elegan dalam interior rumah. Pemasangannya juga tergolong mudah, sehingga Anda dapat melakukannya sendiri tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Keramik Dapur Motif Teraso

Keramik motif teraso juga dapat digunakan di ruang dapur, sebab mempunyai sifat yang anti licin. Penggunaannya juga fleksibel dan dapat disesuaikan dengan konsep yang Anda harapkan.

Kelebihan lain dari tipe keramik ini yaitu memiliki daya tahan yang kuat terhadap goresan, sehingga aman untuk dilewati pergeseran furniture yang berat sekalipun.

Bahan material pembuat keramik motif teraso ini adalah campuran dari serpihan marmer, kaca, semen, dan pasir.

Namun, bagi Anda yang memilih jenis keramik ini, sebaiknya siapkan anggaran yang cukup besar, sebab harganya memang cenderung lebih tinggi dari jenis lain.

Keramik Kasar

Jika Anda memiliki keinginan untuk mempunyai lantai dapur yang benar-benar aman dari licin, Anda dapat memilih keramik dengan permukaan yang kasar.

Keramik jenis ini terdiri dari permukaan yang kasar dengan daya cengkeram kuat, sehingga tidak licin bahkan jika terkena air atau minyak.

Hal tersebut menjadikan keramik ini sebagai solusi ideal untuk lantai dapur, terlebih jika di rumah Anda terdapat anak kecil atau manula.

Keramik Dapur Motif Granit

Rekomendasi berikutnya untuk jenis keramik lantai dapur yang tidak licin yaitu motif granit. Teksturnya yang kasar menjadikannya tidak licin saat terkena tumpahan air atau minyak.

Sedangkan proses pembuatan keramik dapur motif granit yaitu dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi sampai mencapai 1230 derajat Celsius.

Keunggulan lainnya dari jenis ini yaitu kemampuannya yang rendah dalam menyerap cairan, dibandingkan dengan jenis keramik yang lain.

Hal tersebut menjadikan keramik ini lebih mempunyai daya tahan menghadapi kelembapan, sehingga bisa meningkatkan masa pakainya.

Itulah ulasan tentang jenis keramik yang cocok untuk lantai dapur. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi