Tips Menjadi Marketing Profesional, Mulai dari Pemahaman Produk hingga Target Pasar

| 21 Feb 2024 22:07
Tips Menjadi Marketing Profesional, Mulai dari Pemahaman Produk hingga Target Pasar
Ilustrasi (Freepik)

ERA.id - Marketing atau pemasaran adalah aktivitas dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran serta memasarkan suatu barang dan atau jasa kepada masyarakat.

Saat ini tim marketing dibentuk di setiap perusahaan atau pemasaran suatu produk agar laris manis hingga menjadi viral di pasaran.

Tips menjadi marketing profesional menjadi bahan yang wajib dipelajari agar pemasaran dan penjualan produk mencapai target maksimal.

Tips Menjadi Marketing Profesional

Ilustrasi tips menjadi marketing profesional. (Freepik)

Adapun tips menjadi marketing profesional adalah sebagai berikut:

Memahami Produk Dengan Baik

Seorang marketing atau pemasar harus mengenai produk yang akan dipromosikan dan diperdagangkan dengan baik, baik kelebihannya maupun kekurangannya, serta valuasi yang bisa diperoleh dibandingkan dengan produk sejenis. Mengetahui product knowledge akan menjadikan informasi yang dibentuk juga dapat disajikan secara valid dan lengkap dan cara menarik minat pembeli juga dapat dibuat lebih menarik.

Memahami Calon Pembeli

Mengenali calon pembeli atau customer dengan baik merupakan langkah terpenting dalam proses marketing karena semakin akurat info yang didapatkan dari customer terhadap kebutuhan (need) dan keinginan (want) mereka, maka semakin efektif pemasaran akan sampai ke penjualan.

Mengenali Target Market

Jika product knowledge sudah dipahami dengan baik maka target market juga harus dikenali agar terjadi kecocokan antara produk dengan kebutuhan dan atau keingnan pasar, celah untuk memasuki persaingan pasar pun dapat dimasuki dengan strategis.

Menguasai Berbagai Tools Marketing

Saat ini berbagai tools untuk memasarkan produk sudah banyak bermunculan untuk mendapatkan data yang digunakan untuk proses perencanaan, pengelolaan hingga pengawasan pada proses marketing. Tools ini mulai dari digital maupun manual, online maupun offline, harus dikuasasi agar sasaran target menyasar secara luas.

Merancang Target Iklan

Setelah mengetahui produk, lakun konsumen dan target pasar dengan baik, marketing harus mampu merancang target iklan dengan gaya terkini dan cara menarik. Tools marketing dapat membantu proses merancang iklan secara detail dan tepat sasaran.

Memperluas Jaringan

Marketing juga perlu memiliki jaringan yang luas sehingga kerjasama serta kolaborasi dapat dilakukan untuk memasarkan produk dengan berbagai cara yang variatif. Perluasan jaringan juga dapat menambah target pasar lebih luas.

Memahami Stategi Harga

Saat ini persaingan harga juga semakin padat. Masing-masing menawarkan harga jual dengan valuasi produk yang unik pada pemasaran barang atau jasa yang sejenis. Marketing harus jeli dan cermat mengenai hal ini sehingga dapat membuat rancangan harga jual, promo hingga paket bundling harga dan perjanjian kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan nilai penjualan.

Memiliki Market Plan

Market Plan dapat berkembang seiring dengan berkembangnya kebutuhan pasar dan kebutuhan komsumen. Market Plan dapat bersifat dinamis. Marketing juga harus dapat membuat market plan secara lengkap dan menyeluruh dengan keadaan dan situasi terbaru sehingga pemasaran produk dapat terus mengikuti perkembangan tren.

Memiliki Device Yang Mumpuni

Marketing memiliki mobilitas yang tinggi baik secara online maupun offline sehingga diperlukan device seperti komputer atau laptop, tablet, hingga handphone yang mumpuni untuk menjalankan mobilitas yang tinggi tersebut.

Membangun Sikap dan Komunikasi Baik

Sikap baik dan membangun harus selalu dimiliki oleh marketing seperti berpikiran positif, kerjasama yang baik, optimis, pantang menyerah, tidak baper, tekun, rajin, gerak cepat. Sikap ini akan menularkan vibrasi serupa pula pada tim-tim lainnya.

Seorang marketing profesional merupakan salah satu aset dalam perusahaan atau pilar dalam suatu usaha karena citra dan valuasi suatu produk akan dibawa oleh marketing, oleh karena itu integritas dan potensi marketing harus menunjang proses bisnis. Hal-hal di atas dapat dilakukan untuk membentuk profesionalisme seorang marketing sehingga target pemasaran dapat tercapai secara maksimal.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi