Ingin Jadi Penulis? Ini 5 Skill Dasar yang Harus Kamu Miliki

| 23 Feb 2021 18:30
Ingin Jadi Penulis? Ini 5 Skill Dasar yang Harus Kamu Miliki
Ilustrasi tips menulis (unsplash/dancounsell)

ERA.id - Tak bisa dipungkiri, menjadi seorang penulis saat ini termasuk pekerjaan yang banyak digemari oleh banyak orang. Baik itu penulis artikel, novel, cerpen, konten, dan lainnya. Hal ini dikarenakan dengan menulis, seseorang mampu menuangkan ide cerita yang ada dalam dirinya ke bentuk suatu karya nyata. Selain untuk membuat karya, dengan menulis saat ini juga sudah bisa menghasilkan pendapatan yang menguntungkan.

Namun pekerjaan sebagai seorang penulis juga tak semudah kelihatannya, lho. Untuk menjadi penulis ada beberapa kemampuan atau skill yang harus dimiliki. Beberapa skill ini harus dimiliki seorang penulis, agar menjadi penulis profesional dan membuatnya berbeda dengan penulis lainnya.

Penasaran apa saja skillnya? Yuk, simak langsung ulasannya yang dilansir dari Takelessons.

1.      Tata bahasa yang baik dan benar

Tak hanya sekedar menulis biasa, untuk menjadi penulis profesional kamu harus mengetahui penggunaan tata bahasa yang benar. Mulai dari pemakaian tanda baca seperti titik dan koma, penggunaan huruf kapital, penulisan judul, diksi, hingga pemenggalan kata.

Hal ini sangat penting untuk dikuasai seorang penulis untuk membuat tulisannya menjadi lebih rapi dan mudah untuk dipahami oleh para pembaca. Untuk mengasah skill ini, usahakan untuk memperbanyak membaca tulisan – tulisan orang lain, serta mempelajari bagaimana penggunaan tata bahasa kepenulisan yang baik dan benar.

2.      Komunikasi

Meskipun menulis bentuknya dalam tulisan, kemampuan berkomunikasi yang baik haruslah dimiliki oleh seorang penulis. Komunikasi dalam hal ini berkaitan dengan bagaimana seorang penulis mampu menyampaikan gagasan ide tulisannya ke pembaca. Kemampuan berkomunikasi harus dimiliki penulis, agar pesan dalam tulisannya dapat tersampaikan dengan efektif dan mudah diterima oleh pembaca.

Untuk mengkomunikasikan tulisan agar mudah diterima dan dipahami, seorang penulis harus menargetkan pembaca dari tulisannya. Penulis harus mengetahui target pembaca, agar bahasa yang digunakan dalam tulisan dapat disesuaikan.

(unspalsh/tfrants)

3.      Berpikir kreatif

Untuk menghasilkan tulisan yang menarik, seorang penulis harus mampu berpikir secara kreatif. Penulis perlu berpikir kreatif untuk mencari kata yang akan digunakan agar tulisan lebih bervariasi, tidak monoton, dan tidak membosankan.

Selain untuk merangkai kata, berpikir kreatif juga diperlukan untuk mencari dan menghasilkan ide tulisan yang ingin dibuat. Skill yang satu ini dapat diasah dengan banyak membaca berbagai macam tulisan dan berlatih dengan menulis sebanyak mungkin, sehingga ide dan kata – kata yang akan digunakan dapat mengalir dengan lebih mudah.

4.      Kemampuan riset

Dalam membuat sebuah tulisan yang informatif dan kredibel, seorang penulis harus melakukan riset yang mendalam mengenai topik tulisannya. Riset dapat dilakukan secara langsung di lapangan ataupun dengan menggali sumber – sumber yang relevan dan dapat dipercaya untuk menjadi bahan tulisan.

Dengan melakukan riset, penulis akan mampu menemukan data – data penting yang dibutuhkan untuk dituangkan ke dalam tulisan. Selain itu, dengan melalukan riset juga akan membuat pembaca lebih mempercayai kebenaran dari tulisan tersebut, terlebih untuk tulisan dengan topik yang cukup sulit seperti politik.

5.      Manajemen waktu yang baik

Skill terakhir yang harus dimiliki seorang penulis adalah memiliki manajemen waktu yang baik. Bukan hanya bertanggung jawab membuat tulisan yang menarik, penulis juga memiliki deadline waktu untuk mengumpulkan tulisan ke editor sebelum akhirnya dipublikasikan.

Penulis harus mampu mengatur waktunya dengan baik, membuat jadwal menulis dan disiplin dalam menjalankannya. Hal ini diperlukan agar semua target tulisan dapat terpenuhi dan juga untuk menunjukkan profesionalisme seorang penulis.

Itulah lima skill dasar yang harus dimiliki seorang penulis. Untuk kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi penulis, perhatikan skill di atas dan coba kembangkan dalam diri kamu. Dengan mengasah skill di atas dan rajin berlatih, kamu pasti bisa menjadi seorang penulis yang baik dan profesional. Yuk, semangat berlatihnya dan semoga berhasil!

Rekomendasi