3 Hal yang Harus Pahami Tentang Cara Kerja Layanan COD Sebelum Check Out Belanjaan

| 30 May 2021 15:25
3 Hal yang Harus Pahami Tentang Cara Kerja Layanan COD Sebelum Check Out Belanjaan
Transaksi Cash On Delivery (COD) (Unsplash/@mealpro)

ERA.id - Transaksi Cash On Delivery (COD) belakangan menjadi permasalahan. Baik bagi pembeli dan juga kurir pengantar barang. Rupanya masih banyak pembeli yang belum memahami betul tentang cara kerja sistem pebayaaran yang satu ini.

Sebenarnya bagaimana sih cara kerja layanan COD? Hal apa saja yang perlu dipahami pembeli agar cerdas bertransaksi COD? Sejauh apa peran kurir dalam menjalankan tugas antar paket lewat sistem COD? Bagaimana transaksi COD yang ideal antara pembeli dan penjual agar keduanya puas?

Yuk simak beberapa informasi penting COD yang dirangkum dari rilis Ninja Xpress.

1. Peran Pembeli, Penjual, dan Riders dalam Transaksi COD

Dalam transaksi belanja online, COD merupakan metode pembayaran di tempat, alias ketika pembeli ingin mendapatkan kepastian barang sampai di tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada pembeli.

Penting untuk dicatat, peran kurir di sini hanya sebagai mitra kurir yang bertugas untuk mengantar paket serta perantara transaksi antara penjual ke pembeli. Kurir akan mengambil barang dari penjual, untuk diantarkan ke rumah pembeli, dan menerima pembayaran uang tunai dari pembeli di tempat setelah paket diterima, untuk kemudian uang tunai tersebut diserahkan kepada penjual setelah transaksi sukses dan selesai.

2. Perjelas Kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam Transaksi COD

Sebelum menyelesaikan transaksi belanja online, pembeli dan penjual perlu melakukan kesepakatan yang jelas terkait pesanan seperti jenis produk, ukuran warna, harga barang, alamat pengiriman, ongkos kirim, serta mitra kurir yang akan dipilih untuk layanan COD.

Selain hal tersebut, ada lagi hal yang tidak kalah penting untuk disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu mengenai kebijakan pengembalian barang apabila pesanan tidak sesuai setelah diterima oleh pembeli. Sehingga pembeli dan penjual sama-sama puas dalam melakukan transaksi dan Ninja Riders tenang menjalankan tugas.

3. Bila Barang Tidak Sesuai Pesanan dalam Transaksi COD 

Dalam transaksi COD, apabila barang atau paket yang diterima oleh pembeli tidak sesuai pesanan atau berbeda dari yang diharapkan, pembeli dapat menyampaikan keluhan kepada penjual agar dapat ditindaklanjuti, dengan catatan pembeli tetap melakukan pembayaran barang kepada kurir.

Dalam kasus ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan isi paket, sudah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual dan bukan merupakan tanggung jawab kurir dalam menentukan isi paket. Pembeli perlu memahami bahwa Ninja Riders merupakan mitra kurir yang bertugas untuk mengantarkan pesanan dengan selamat ke tangan pembeli, dan berkewajiban untuk memastikan isi paket tidak mengalami kerusakan dalam proses pengantaran.

Apabila pembeli melakukan transaksi melalui platform e-Commerce, pengembalian barang telah diatur sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan. Namun, apabila pembeli melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli melalui platform social commerce seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain-lain, pembeli dapat melakukan pengembalian barang sesuai kesepakatan dengan pembeli. 

Rekomendasi