Cara Membuat Ruang Kantor di Rumah yang Bikin Betah

Tim Editor

Ilustrasi ruang kerja yang nyaman (Ruparupa)

ERA.id - WFH atau work from home saat ini sudah menjadi rutinitas yang hampir dijalankan setiap perusahaan guna melindungi karyawannya dari bahaya virus penyakit. Untuk menjalankannya sendiri, bukanlah hal mudah, karena memang diperlukan hal mendasar agar dapat bekerja secara maksimal. Demi memulai itu semua, mari simak kebutuhan apa saja yang diperlukan.

Memilih ruang kerja

Tidak semua orang memiliki kapasitas ruangan yang memadai, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengakalinya dengan cara yang kreatif. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan sudut ruang yang tidak terpakai atau memanfaatkan wardrobe, ruang tamu, atau ruang makan sebagai area kerja.

Singkirkan beberapa barang yang sudah tidak diperlukan, lalu ganti dengan meja kantor dan kursi kerja. Jika ingin memiliki pemandangan lebih baik, maka kamu dapat menambahkan dekorasi seperti tanaman atau lukisan dinding minimalis. 

Membuat planning 

Dalam segala hal, perencanaan sangat diperlukan agar semua yang telah kamu pikirkan dapat berjalan dengan baik. Sama halnya jika kamu ingin memiliki ruang kantor sendiri di rumah, mulailah untuk mengatur suhu ruangan dan pencahayaan yang optimal. Jika memungkinkan, kamu bisa mendapatkan sumber cahaya yang tepat secara alami dengan duduk dekat dengan area jendela.

Selain itu tambahkan juga beberapa perangkat seperti kursi, meja dan lemari yang akan berguna untuk menyimpan file-file penting. Pertimbangkan juga untuk memiliki dekorasi yang seimbang agar tidak memenuhi area ruangan. 

Memilih perabotan

Dari awal sempat disinggung beberapa kali mengenai furniture, mengapa? Karena perabotan adalah hal penting yang akan membantu kamu bekerja, sekaligus menentukan kondisi area tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah, hindari memilih perabotan yang terlalu besar atau tinggi untuk ruangan mungil, karena hanya akan membuat sempit dan sumpek. Berbeda dengan ruang berukuran besar yang mungkin lebih mudah untuk dimodifikasi sesuka hati oleh pemiliknya. 

Meski begitu, bukan berarti ruangan dengan kapasitas terbatas sulit untuk dikreasikan, karena cukup memilih dengan bentuk serta ukuran yang tepat, maka akan mendukung suasana yang kondusif. 

Membeli kursi yang nyaman

Dalam konteks ini, nyaman berarti memiliki ketinggian yang tepat dan penyangga punggung yang baik. Untuk mendapatkannya, kamu harus bisa menyesuaikan dengan tinggi tubuh. Sehingga disarankan untuk membeli meja atau kursi yang memiliki pengaturan ketinggian. Hindari menggunakan meja yang terlalu rendah atau tinggi untuk menghindari back pain. Jika perlu, gunakan bantal travelling untuk menopang bagian leher dengan maksimal. 

Pencahayaan

Penerangan yang optimal sangat dibutuhkan saat bekerja, alasannya bukan saja untuk membantu penglihatan, tapi juga membangkitkan mood penghuninya. Pertimbangkan juga untuk membeli lampu dengan teknologi LED yang lebih terang dan daya yang jauh lebih hemat. Atur juga agar jarak aman dari monitor agar mengurangi ketegangan mata, serta dapat bekerja untuk waktu yang lebih lama. 

Agar dapat bekerja secara maksimal di rumah dan memiliki produktivitas yang tinggi, pastikan untuk menggunakan produk yang nyaman, berkualitas dari Ruparupa. 

Ruparupa sendiri adalah platform belanja online yang merupakan gabungan dari berbagai brand Kawan Lama Group seperti ACE, Informa, dan Toys Kingdom serta brand lainnya yang sudah terpercaya untuk waktu yang lama. Temukan semua kebutuhan kamu melalui web atau mengunduhnya lewat aplikasi.

Tag: work from home tips tips dekorasi rumah ruang kerja ruparupa

Bagikan: