Tempat Ngecamp Daerah Bandung di Tepi Sungai yang Cocok untuk Healing

| 24 Dec 2022 12:02
Tempat Ngecamp Daerah Bandung di Tepi Sungai yang Cocok untuk Healing
Pineus Tilu Riverside Bandung (Instagram)

ERA.id - Camping atau kemah bisa menjadi salah satu pilihan liburan terbaik, khususnya akhir tahun ini. Artikel ini akan membahas beberapa tempat ngecamp daerah Bandung Jawa Barat di tepi sungai yang bisa Anda coba

Berkemah dengan suasana alam dan di tepi sungai kini juga banyak diminati, terutama yang berada di kawasan Bandung.  Disarankan juga dalam memilih lokasi liburan, perhatikan setiap fasilitas yang disediakan dan patuhi protokol kesehatan.

Tempat Ngecamp Daerah Bandung

Berikut 5 rekomendasi terbaik untuk berkemah di Bandung di tepi sungai yang bisa Anda coba:

  1. Pineus Tilu Riverside Camping

Tempat berkemah di tepi sungai di Bandung ini merupakan tujuan wisata populer untuk berkemah. Areal perkemahan berada di pinggir sungai yang dikelilingi oleh pohon pinus. Wisata ini mengangkat konsep alam agar suasana tempat tetap terjaga alami.

Selain berkemah, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas seru lainnya seperti memancing, memanggang barbeque, dan arung jeram. Lokasi camping ini berada di kawasan Hutan Pinus Rahong Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

Lokasi Pineus Tilu Riverside Camping dekat dengan Situ Cileunca yang airnya masih jernih. Plus, pengunjung benar-benar bisa merasakan tempat berkemah di tepi sungai. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan.

  1. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

    Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang "Gambung" (Youtube)

Tempat camping di Bandung berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Lokasi perkemahan terletak di bawah bukit dengan padang rumput yang luas dan berada di sekitar tepi sungai.

Bagi pengunjung yang menyukai suasana asri yang masih alami wajib mencoba tempat camping ini. Adanya bukit, rerumputan, dan sungai akan menciptakan suasana camping yang tenang, asri, dan tentunya sejuk.

Tempat camping ini juga cocok untuk backpacker atau pengunjung yang suka dengan suasana alam terbuka (dengan matras dan ditutupi tenda camping). Adapun fasilitasnya terdiri dari toilet, warung makan, mushola, dan lain-lain.

  1. Bale Bambu Bandung

Jika Anda sedang mencari tempat camping di Bandung yang berada di tepi sungai dengan biaya yang relatif murah, Anda bisa mencoba datang ke Bale Bambu Adventure Bandung. Lokasi camping ini berada di Kecamatan Soreang yang juga dekat dengan beberapa lokasi wisata lainnya.

Destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi antara lain Rumah Makan Kampung Sawah Sunda, Pesona Nirwana Waterpark, Kampung Batu, dan Taman Love Soreang. Berkemah di tepi sungai semakin lengkap dengan panorama pegunungan.

Selain itu, tersedia paket khusus keluarga seperti Paket Family Gathering Bandung. Harga sewa kurang dari 500 ribu dan sudah disediakan berbagai fasilitas mulai dari makanan, api unggun, hingga sleeping bag.

  1. Taman Aboretum Alamendah

    Wisata Alam Curug Awi Langit Alam Endah Arboretum Park (Youtube)

Taman Aboretum Alamendah merupakan wisata baru di kawasan Ciwidey, Bandung yang memiliki daya tarik wahana air terjun Curug Awi Langit. Lokasi camping ini sangat jauh dari keramaian dan memiliki udara sejuk sehingga cocok untuk refreshing.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati antara lain spot foto, outbond, kafe atau resto, cottage, dan gathering. Biayanya relatif sangat murah dibandingkan dengan beberapa tempat camping lainnya. Kurang dari 50 ribu pengunjung bisa masuk dan berkemah.

    5. Perkemahan Ciwangun Indah Bandung

Tempat camping ini cukup luas yaitu sekitar 22 hektar dan berada di ketinggian 1000 mpdl. Suasana camping di sini terasa lebih natural dengan dikelilingi pepohonan pinus yang rimbun sehingga akan terasa rindang dan sejuk.

Selain itu, terdapat atraksi danau buatan, air terjun, sungai, dan kebun teh yang bisa dinikmati saat berkemah. Fasilitas lain yang bisa dinikmati di antaranya permainan air soft gun, outbound, dan lain-lain. Wisata ini berlokasi di Kecamatan Parompong, Bandung Barat.

Selain tempat ngecamp daerah Bandung, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi