Tiket Masuk TMII Terbaru dan Beberapa Wahana Menarik yang Bisa Dikunjungi

| 03 Jan 2023 22:07
Tiket Masuk TMII Terbaru dan Beberapa Wahana Menarik yang Bisa Dikunjungi
TMII (Twitter)

ERA.id - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman wisata yang terletak di Jakarta, dan menjadi salah satu destinasi wisata di ibukota. Berapakah tiket masuk TMII terbaru?

Perlu diketahui, TMII dibangun pada tahun 1970-an dengan tujuan untuk menampilkan kekayaan budaya Indonesia kepada wisatawan domestik maupun asing.

Taman Mini Indonesia Indah memiliki luas sekitar 250 hektar, dan terdiri dari berbagai macam atraksi, seperti museum, taman bunga, taman binatang, taman permainan anak, serta berbagai macam panggung hiburan.

Selain itu, TMII juga menyajikan berbagai macam pertunjukan budaya, seperti tari-tarian tradisional, musik, serta pertunjukan seni lainnya. TMII merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, terutama bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang budaya Indonesia.

Berapa Harga Tiket Masuk TMII?

Dilansir dari laman tamanmini.com, berikut ini beberapa rincian harga tiket masuk TMII:

●        Tiket Pintu Masuk            Rp25.000,-          

●        Tiket Motor                        Rp15.000,-          

●        Tiket Mobil                         Rp25.000,-          

●        Tiket Bus                              Rp50.000,-

Selain harga tiket masuk, di TMII juga menyediakan beberapa wahana tambahan yang dapat Anda kunjungi, berikut beberapa di antaranya:

●        Museum Pusaka                                              Rp15.000,-

●        Museum Asmat                                                                Rp15.000,-

●        Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga       Rp35.000,-

●        Taman Burung                                                   Rp30.000,-

●        Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia  Rp25.000,-

Hal-Hal Menarik Mengenai TMII

TMII tempo dulu (Twitter)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman wisata Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar ini terletak pada koordinat 6 derajat 18'6.8''LS, 106 derajat 53'47.2''BT.

Di TMII terdapat rumah adat atau bangunan yang didasarkan pada kondisi lingkungan dan budaya Indonesia. Selain itu, di TMII terdapat paviliun lokal dibangun di sekitar danau dengan pulau-pulau kecil Indonesia, yang terbagi menjadi enam wilayah; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Setiap paviliun menampilkan bangunan desa.

Taman di TMII merupakan koleksi budaya nasional Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari penduduk 33 provinsi Indonesia (tahun 1975) yang ditampilkan dalam paviliun daerah dan arsitektur tradisional, serta pakaian yang berbeda, musik. dan budaya lokal.

Selain itu, di tengah TMII terdapat sebuah danau yang mewakili miniatur Kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum seni, dan teater IMAX Keong Mas dan teater Tanah Airku).

TMII memiliki logo yang tersusun dari huruf TMII, kependekan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya adalah tokoh pewayangan Hanoman yang disebut NITRA (Anjani Putra).

Maskot Taman Mini “Indonesia Indah” dibuka oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan tahun TMII, tahun 1991. Gagasan pemerintahan berskala kecil yang mencakup seluruh Indonesia dan seisinya berasal dari Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto.

Ide maskot TMII dipelajari dalam sebuah pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta 13 Maret 1970. Dengan hal kecil ini diharapkan dapat membuat seluruh rakyat Indonesia bangga dan cinta tanah air.

TMII didirikan pada tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek ekonomi alam dan budaya Indonesia ditampilkan dengan pemanfaatan teknologi modern di lahan seluas 150 hektar.

Selain tiket masuk TMII, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi