Kenapa Kunjungan ke Museum Jarang Diminati? Simak Uraian Berikut

| 23 Jan 2023 18:06
Kenapa Kunjungan ke Museum Jarang Diminati? Simak Uraian Berikut
Ilustrasi museum (freepik)

ERA.id - Destinasi wisata ada banyak sekali jenisnya, salah satunya wisata sejarah. Namun, kenapa kunjungan ke museum jarang diminati?

Hal tersebut berbanding terbalik dengan destinasi wisata sejarah yang lain, yaitu candi. Candi-candi besar di Indonesia memiliki pengunjung yang banyak, tidak seperti museum.

Ilustrasi museum luar negeri, Museum Louvre di Paris (freepik)

Museum sebenarnya termasuk tempat wisata yang baik untuk dikunjungi, baik oleh pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Tempat ini bisa memberikan hiburan hiburan dan pengetahuan, bahkan meningkatkan rasa nasionalisme.

Meski demikian, museum di Indonesia masih kurang diminati oleh masyarakat. Dikutip Era dari Inspirasi Pagi, berikut adalah beberapa alasan kenapa museum kurang menarik perhatian wisatawan.

Alasan Kenapa Kunjungan ke Museum Jarang Diminati

1. Kesegaran penampilan museum

Museum memiliki stereotipe yang sebagai tempat yang kuno, tua, dan angker. Penampilan adalah hal yang sangat penting untuk menarik minat masyarakat.

Oleh sebab itu, museum perlu hadir dengan kondisi yang lebih menarik dan segar. Peremajaan bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan perhatian dari para calon wisatawan. Desain dari museum tersebut juga bisa dibuat dengan gaya yang menarik.

Jika kita bandingkan museum di Indonesia (secara umum) dengan museum di luar negeri, museum di luar negeri memiliki kondisi dan penampilan yang lebih elegan, indah, dan terawat. Hal tersebut berdampak pada jumlah kunjungannya sebab tempat yang menarik dan nyaman membuat orang tertaruk untuk berkunjung.

2. Masalah promosi

Jika Anda ditanya soal tempat wisata yang akan dikunjungi di suatu kota, museum hampir selalu terlupakan. Masyarakat butuh sesuatu yang bisa memancing ingatan atau gambaran serta daya tarik museum. Hal berkaitan dengan promosi.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untum mempromosikan museum. Beberapa contoh dari hal tersebut adalah pengiklanan di televisi dan media sosial dengan pengemasan yang modern dan menarik. Jika perlu, sebuah konten atau acara tertentu bisa disediakan untuk membahas museum yang ingin dipromosikan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat sebuah acara menarik di lokasi museum.

3. Peran lembaga pendidikan dan pariwisata

Peran pemerintah tentu dibutuhkan untuk membuat museum menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi. Lembaga pendidikan, seperti sekolahan dan dinas pendidikan, perlu memberikan arahan atau program tertentu agar siswa dan mahasiswa bisa lebih sering melakukan kunjungan ke museum. 

Namun, dalam study tour sekolah pun, museum kadang tak masuk ke dalam daftar kunjungan. Destinasi yang dituju biasanya adalah tempat wisata alam dan belanja.

Selain itu, lembaga pendidikan dan pariwisata tingkat tinggi, misalnya kementerian dan dinas, memiliki kemampuan yang besar untuk membantu promosi museum. Jika hal tersebut dilakukan dengan maksimal, masyarakat akan lebih akrab dengan museum.

4. Fasilitas

Fasilitas yang baik dan menarik perlu dimiliki oleh museum. Museum dengan fasilitas yang standar kurang menarik minat masyarakat, apalagi jika fasilitasnya di bawah standar.

Fasilitas yang lengkap dan menawarkan kenyamanan bisa membuat orang lebih tertarik untuk berkunjung. Beberapa contoh fasilitas yang bisa dimaksimalkan adalah AC atau pendingin ruangan, layar atau TV yang menampilkan video, penerangan yang memadai, lahan parkir, tempat ibadah, kamar toilet bersih (termasuk akses menuju toilet), dan katalog dengan desain yang unik.

Fasilitas lain yang perlu diperhatikan juga fasilitas untuk pengunjung penyandang disabilitas (difabel) dan berbagai kalangan usia. Fasilitas yang baik membuat pengunjung merasa nyaman sehingga berpeluang untuk kembali berkunjung ke museum tersebut.

5. Tenaga kerja khusus

Tak jarang museum di Indonesia tidak memiliki pemandu atau guide untuk menemani pengunjung berkeliling museum. Beberapa pengunjung tidak ingin ditemani oleh pemandu, tetapi ada baiknya ditawarkan jasa tersebut. Dengan demikian, pengunjung yang butuh penjelasan lebih bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih jelas—tidak hanya menerka-nerka kisah dan maksud dari koleksi museum.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan alasan kenapa kunjungan ke museum jarang diminati. Museum adalah destinasi yang penting bagi masyarakat karena berkaitan dengan sejarah suatu bangsa, termasuk manusia dan kebudayaannya. 

Rekomendasi