Wisata di Sekitar Danau Toba yang Tak Kalah Menawan, Pernah Berkunjung?

| 15 Feb 2023 07:25
Wisata di Sekitar Danau Toba yang Tak Kalah Menawan, Pernah Berkunjung?
Ilustrasi Danau Toba (Pixabay)

ERA.id - Tahukah Anda, ternyata terdapat wisata di sekitar Danau Toba yang juga menawan. Tempat-tempat ini mungkin belum terlalu populer jika dibandingkan dengan Danau Toba, tetapi pemandangan yang ada di destinasi ini tak kalah mempesona dan sangat direkomendasikan bagi wisatawan. Lantas apa saja destinasi wisata tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Bakkara

Wisata di Sekitar Danau Toba, Bakkara (Pixabay)

Pernahkah Anda berharap dapat berkunjung ke sebuah tempat yang menjadi perpaduan antara lokasi bersejarah dan alam yang mempesona? Jika iya, berarti Anda harus merencanakan untuk berkunjung ke Bakkara. Wisata ini merupakan sebuah lembah tempat kelahiran Raja Batak, Sisingamangaraja. Wisata Bakkara terletak di pinggir Danau Toba dengan diapit oleh bukit-bukit yang menawan. Lembah ini dapat Anda jadikan sebagai spot alternatif jika Anda berniat untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Bakkara juga populer dengan tempat pemandian peninggalan Sisingamangaraja yang disebut Aek Sipangolu. Tempat ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

Paropo

Wisata di Sekitar Danau Toba, Paropo (Pixabay)

Nuansa desa yang ada di Paropo masih begitu otentik. Sikap hangat dan bersahabat dari masyarakat setempat, pemandangan pegunungan nan hijau dan kecantikan Danau Toba yang berpadu merupakan perpaduan yang dijamin menjadikan para wisatawan terkesima. Anda juga bisa memutuskan untuk kemah di lokasi ini. Sebab, tempat ini menyediakan lahan perkemahan dengan tenda warna-warni. Dengan demikian, Anda juga dapat merasakan suasana baru yang lebih dekat dengan alam.

Air Terjun Situmurun

Wisata di Sekitar Danau Toba, Situmurun (Pixabay)

Salah satu air terjun yang terdapat di sekitar Danau Toba adalah Air Terjun Situmurun yang berlokasi sangat dekat dengan Danau Toba, tepatnya di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Aliran air yang segar dan sejuk ini langsung mengalir menuju Danau Toba. Bagi Anda yang sudah merasakan kesejukannya, mungkin akan tergoda untuk berenang. Pesona air terjun ini terletak pada ketinggian yang mencapai 70 meter dengan tujuh tingkatan. Namun, jika memutuskan untuk bermain di air, Anda harus berhati-hati, karena arusnya cukup kuat.

Simarjarunjung

Simarjarunjung (Pixabay)

Jika Anda lebih senang berwisata di pegunungan, tentu Anda tak boleh melewatkan Simarjarunjung saat sedang berkunjung ke Danau Toba. Puncak bukit ini menyuguhkan kecantikan Danau Toba sebagai daya tarik utama. Dari titik ini, air Danau Toba akan terlihat hijau atau kadang biru. Selain itu, pemandangan alam di sekitar kawasan danau juga akan terlihat lebih jelas dari puncak bukit ini.  

Pihak pengelola juga sudah membangun beberapa spot berfoto yang instagenic dan kekinian untuk menarik perhatian para pengunjung. Misalnya spot balon udara, meja makan yang menggantung, sepeda melayang di atas ketinggian, dan masih banyak lagi. Anda juga akan mendapati rumah pohon dan gardu pandang yang dapat dimanfaatkan untuk menyaksikan pemandangan Danau Toba dengan lebih jelas. Jika Anda salah satu pemburu sunset, Bukit Simajarunjung merupakan spot yang direkomendasikan dan tak boleh terlewat.

Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata (Pixabay)

Di sekitar Danau Toba, masih ada satu lagi air terjun yang pemandangannya tidak kalah spektakuler, yaitu Air Terjun Efrata. Air terjun ini berlokasi di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir dan menjadi destinasi yang masuk dalam list yang direkomendasikan. Memang tidak setinggi Air Terjun Situmurun, hanya sekitar 20 meter, tetapi pemandangan di sekitarnya tak kalah menawan. Posisi air terjun ini diapit oleh perbukitan dan airnya yang jernih mengalir dari Bukit Barisan. Anda juga dapat berkemah di sekitar spot ini.

Nah, demikianlah beberapa wisata di sekitar Danau Toba, Sumatra Utara yang dapat Anda kunjungi. Jika Anda memutuskan untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut, sebaiknya tetaplah berhati-hati karena Anda bermain ke alam bebas. Selamat berkunjung!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi