Rekomendasi Aktivitas Seru di Danau Toba Sumatera Utara

| 31 Aug 2023 15:25
Rekomendasi Aktivitas Seru di Danau Toba Sumatera Utara
Keindahan Danau Toba (situs resmi Kemenparekraf)

ERA.id - Pada Kamis, 31 Agustus 2023, mesin pencarian Google menampilkan ilustrasi Danau Toba sebagai Google Doodle. Berdasarkan keterangan yang diberikan, Google Doodle ini berjudul ‘Merayakan Danau Toba’.

Dikutip Era.id dari situs resmi Google, alasan pemilihan Danau Toba sebagai Google Doodle hari ini adalah untuk memperingati dimasukkannya Danau Toba sebagai Global Geopark UNESCO. Selain jadi salah satu danau terbesar dan terdalam di dunia, danau di Sumatera Utara ini punya penampakan alam yang sangat indah. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Danau Toba.

Berbagai Aktivitas Seru di Danau Toba

Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ini merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus danau vulkanik terbesar di dunia. Menawarkan lanskap yang memukau, Danau Toba jadi salah satu destinasi super prioritas di Indonesia. Salah satu keunikan dari danau ini adalah terdapatnya pulau di tengah-tengah danau, yaitu Pulau Samosir.

·         Bermain Kayak

Atlet kayak di Danau Toba (situs resmi Kab. Toba)

Anda bisa menikmati keindahan alam Danau Toba dengan bermain kayak. Olahraga air ini bisa dilakukan oleh pemula. Wisatawan ditawari beberapa variasi rute penjelajahan yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Udara sejuk dan air yang tenang membuat kegiatan berkayak terasa sangat asyik. Sembari mendayung santai, wisatawan menikmati keindahan alam Danau Toba yang menenangkan pikiran.

·         Belajar budaya Batak di museum

Suku terbanyak di kawasan Danau Toba adalah Batak. Sebagai wisatawan, Anda bisa mempelajari sejarah suku Batak di Museum Batak yang berlokasi di kawasan Museum TB Silalahi Center.

Berbagai informasi bisa didapatkan melalui kunjungan ke berbagai fasilitas yang ditawarkan, seperti Galeri Sisingamangaraja, Galeri Perjuangan, Perpustakaan, dan Lakefront Museum. Selain itu, museum ini menawarkan pemandangan langsung ke Danau Toba.

·         Menjelajahi Desa Tuktuk Siadong di Pulau Samosir

Desa Tuktuk Siadong adalah salah satu desa di Pulau Samosir. Lokasi desa ini strategis dan punya fasilitas yang lengkap untuk wisatawan, seperti resor indah berarsitektur khas Batak dan kunjungan ke bengkel ukir yang dimiliki masyarakat lokal.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan berbagai kegiatan air yang menyenangkan, seperti berkano, menjelajah dengan speed boat, menyelam, dan berenang. Keindahan Desa Tuktuk Siadong juga bisa dinikmati dengan berkeliling menggunakan sepeda. Terdapat tempat penyewaan sepeda yang bisa dimanfaatkan wisatawan. 

·         Wisata kuliner

Jika sudah sampai Danau Toba, Anda harus mencoba kuliner khas Batak. Salah satu hidangan yang menggugah selera adalah arsik, yaitu olahan ikan mas berbumbu.

Makanan khas Batak lain yang bisa Anda coba adalah naniura—kerap disebut sashimi ala Batak. Makanan merupakan olahan ikan dengan campuran rempah, seperti asam khas Batak, andaliman, dan batang kecombrang. Kuliner lain yang tak kalah menarik adalah bagot ni horbo atau dali, yaitu makanan khas Tapanuli yang bentuknya seperti tahu. Makanan ini terbuat dari susu kerbau yang diolah secara tradisional.

·         Menikmati keindahan alam dari atas Bukit Simarjarunjung

Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari sudut pandang yang lain, yaitu dari ketinggian. Salah satu tempat untuk mendapatkan view ini aalah Bukit Simarjarunjung di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

Dengan fasilitas yang lengkap, tempat ini menawarkan pemandangan indah dan spot foto yang sangat instagramable. Rerumputan hijau di tepi danau tampak lebih indah ketika Anda menikmatinya dari ketinggian.

Itulah beberapa aktivitas seru di Danau Toba yang bisa Anda lakukan. Selain yang telah disebutkan, masih ada banyak sekali aktivitas seru yang perlu Anda coba.

Rekomendasi